Barcelona Bisa Lepas Philippe Coutinho untuk Pulangkan Neymar

Barcelona Bisa Lepas Philippe Coutinho untuk Pulangkan Neymar

Masa depan Philippe Coutinho di Barcelona kini dipertanyakan, hanya setahun setelah ia pindah dari Liverpool. Bintang Brasil itu bahkan dikabarkan akan dijual pada musim panas mendatang, untuk mendanai transfer pemain yang semula harus dia gantikan; Neymar.

Philippa Coutinho teken kontrak dengan Barcelona pada Januari tahun lalu, dan terikat di Liga Champions. Dia cukup mengesankan di paruh kedua musim lalu di Camp Nou, di mana ia mencetak 10 gol dalam 22 penampilan saat Barcelona memenangkan gelar juara LaLiga dan Copa del Rey.

Namun, Philippa Coutinho mendapati hidupnya menjadi lebih sulit di musim keduanya di Camp Nou, di mana ia hanya tampil sebagai starter dalam satu laga dari lima pertandingan terakhir Barca. Yakni, saat Blaugrana meraih hasil imbang 1-1 di kandang Tottenham Hotspour pada Desember lalu, saat pelatih Ernesto Valverde mainkan Starting XI yang lemah setelah Barca pastikan tempat di babak 16 Liga Champions sebagai juara grup.

Advertisement
advertisement
advertisement

Pemain berusia 26 tahun itu, yang masuk sebagai opsi untuk posisi bek kiri yang kosong setelah Neymar pindah ke PSG, juga dipandang bisa gantikan Andres Iniesta. Namun, ia belum pernah mengklaim salah satu dari dua posisi itu sebagai miliknya. Sekarang, Countinho bisa membuka jalan saat Barca berencana datangkan kembali Neymar ke Camp Nou.

Neymar Rindu Skuad Barcelona

Neymar telah kembali ke Barcelona pada beberapa kesempatan sejak ia pindah ke PSG pada musim panas 2017. Bintang asal Brasil itu juga mengaku, dia merindukan teman-temannya di Barca, seperti Lionel Messi dan Luis Suarez.

“Saya datang ke sesi latihan mereka. Saya bicara dengan mereka semua. Saya kebetulan mendapat waktu yang tepat, saya sangat merindukan mereka,” tandas Neymar tahun lalu.

Barca sebelumnya mengesampingkan kembalinya Neymar, setelah pemain itu pergi saat PSG menebus klausul pelepasannya di tahun 2017. Tapi, direktur hubungan kelembagaan klub, Guillermo Amor, mengatakan pada November lalu, “Apapun mungkin saja terjadi”.

Tersisih di Belakang Ousmane Dembele

Coutinho sendiri saat ini berada di belakang Ousmane Dembele dalam urutan permainan di Camp Nou. Ia bisa menjadi pemain yang dijual Barca untuk membantu mengumpulkan dana bergerak, yang ironisnya akan digunakan untuk membuka jalan bagi pemain yang semula harus digantikan Coutinho.

Namun, niat Barca untuk memboyong pulang Neymar tampaknya akan sulit terwujud. Pasalnya, PSG bertekad mati-matian untuk mempertahankan bintangnya tersebut. Namun, di belakang layar, roda sudah berputar karena saga transfer yang penuh gejolak dari 2017 lalu tampaknya akan dicicil untuk kedua kalinya pada musim panas ini.