Barcelona Bisa Punya Presiden Wanita Pertama Pada 2021

Barcelona Bisa Punya Presiden Wanita Pertama Pada 2021

Gilabola.com – Barcelona bisa memiliki Presiden wanita pertama pada tahun 2021 setelah Presiden raksasa Catalan saat ini Josep Maria Bartomeu mundur.

Barca menjadikan dirinya sebagai satu-satunya klub besar di papan atas Spanyol yang mensponsori tim wanita ketika liga didirikan pada tahun 1988. Namun terlepas dari itu, klub tidak dapat memilih presiden perempuan untuk menjabat.

Itu adalah keputusan besar dari presiden klub legendaris Josep Lluis Nunez untuk berinvestasi dalam tim wanita, meskipun mengetahui bahwa pendapatan akan jauh lebih rendah daripada tim pria. Tapi semua 5 penggantinya adalah laki-laki, seperti semua pendahulunya.

Tapi itu bisa berubah pada tahun 2021, ketika masa jabatan Josep Maria Bartomeu berakhir. Pengusaha yang berubah menjadi petinggi klub itu resmi telah mengumumkan bahwa ia tidak akan mencalonkan diri lagi menjadi presiden klub, dan banyak anggota klub lainnya diharapkan untuk menyatakan kesediaan mereka untuk menerima tantangan menggantikan dirinya.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Pengusaha Victor Font telah mengumumkan pencalonannya, sementara Gerard Pique telah menunjukkan minat untuk maju. Mantan presiden Barca Joan Laporta dan mantan kandidat presiden Agusti Benedito belum mengeluarkan pernyataan resmi, tetapi pernyataan sebelumnya menunjukkan bahwa mereka tertarik.

Barcelona tak bisa remehkan kemampuan Maria Teixidor

Senior vice-president Jordi Cardoner juga telah menunjukkan minat untuk mengambil alih jabatan dari Bartomeu. Tetapi kandidat yang paling menarik adalah seseorang yang dapat membuat sejarah, pengacara berusia 45 tahun Maria Teixidor, yang bergabung dengan klub baru-baru ini pada tahun 2015.

Karier Teixidor telah meningkat pesat di Barca, dimulai sebagai wakil sekretaris dewan direksi dan juga memiliki jabatan di FC Barca Foundation. Selanjutnya, dia diberi tanggung jawab atas sepakbola wanita dan departemen transparansi klub.

Dia juga telah menerima promosi ke posisi sekretaris dewan direksi. Namun prestasi terbesar Teixidor adalah sebagai kepala sepakbola wanita. Dia telah mengawasi perekrutan bintang-bintang global seperti Lieke Martens dan Caroline Hansen.

Di bawah Teixidor, tim wanita Barca (Barca Femení) telah menunjukkan kemajuan di level kontinental, dan Liga Champions setiap musim. Barca Femeni juga memenangkan Liga Spanyol setiap musim disaat Maria Teixidor bertanggung jawab atas tim wanita.

Teixidor bisa mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2021, di belakang beberapa prestasi luar biasa sebagai bagian dari manajemen Barca. Jika dia ikut dalam persaingan untuk menjadi presiden klub, dia bisa membuat sejarah dengan menjadi presiden klub wanita pertama dalam sejarah Barcelona.