Barcelona Dapat Pelajaran Ini Usai Kalah di Kandang Valencia

Barcelona Dapat Pelajaran Ini Usai Kalah di Kandang Valencia

Gilabola.com – Barcelona alami kekalahan pertama di bawah asuhan pelatih baru, Quique Setien, saat kandas 0-2 di kandang Valencia, Sabtu (25/1) malam WIB. Blaugrana pun dapat pelajaran berharga dari kegagalan ini.

Berikut ini serangkaian pelajaran yang dikantongi skuad Setien seperti dilansir Forbes:

Masalah di luar stadion jelang kickoff

Bentrokan antara suporter Valencia dan ultras Barca mengambil alih jalan-jalan di sekitar stadion, sampai harus dibubarkan pihak kepolisian setempat.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Ada kejutan BESAR di jajaran Quique Setien

Bombshells, demikian SPORT menyebut para pemain ini. Arturo Vidal diturunkan sebagai pemain pengganti, Arthur kembali menjadi starter, sementara Clement Lenglet harus memberi jalan bagi rekan senegaranya Samuel ‘Big Sam’ Umtiti di pusat pertahanan pada awal laga.

Terkait permainan apiknya dalam laga melawan Ibiza pada pertengahan pekan, Antoine Griezmann kembali jadi starter. Jika saat itu ia menjadi pemain sentral di lini depan yang diapit Ansu Fati dan Lionel Messi di kedua sisi, kali ini Blaugrana diubah menjadi 3-5-2 yang menempatkan Griezmann dan Messi di posisi teratas, sementara Jordi Alba dan Fati berada di sisi kiri dan kanan.

Ter Stegen kembali membukukan statusnya sebagai kiper terbaik dunia

Pertahanan Barca layu di bawah tekanan pada 10 menit pertama laga di Mestalla, Gerard Pique merobohkan Gaya di area terlarang setelah ia berhasil melewati Sergio Roberto dan Fati. Gerard pun diganjar kartu kuning, sementara para pemain tuan rumah menuntut kartu merah. Beruntung Ter Stegen berhasil menyelamatkan gawangnya dari eksekusi penalti Maxi Gomez di menit ke-12.

Segalanya berubah dari buruk menjadi paling buruk

Pique hampir saja mencetak gol bunuh diri kalau saja bukan karena refleks Ter Stegen yang berhasil mencegah bola masuk gawangnya. Valencia menciptakan neraka bagi Barca di sayap kanan mereka, di mana Roberto yang penasaran tampaknya tidak menyadari posisinya dan Fati tak berikan perlindungan atau pengawasan dengan baik.

Valencia dan Ter Stegen lanjutkan kasusnya untuk Man of the Match

Menangkal tembakan Gomez ke arah gawangnya, Ter Stegen kemudian mencegah tembakan jarak dekat Gameiro di sekitar gawangnya sebelum berurusan dengan upaya jarak jauh Francis Coquelin. Dia hanya menopang timnya sendiri sampai titik ini. Menurut laporan Opta, lima penyelamatannya dalam 31 menit menjadi aksi terbanyak dalam pertandingan liga lainnya musim ini.

Ruang terbuka seperti yang diperkirakan Setien

Arthur melepaskan diri dari mengambil tembakan sendiri, namun aksinya untuk mendukung Messi di lini depan Barcelona berlangsung buruk dan langkah itu tidak bisa dimanfaatkan.

Wasit lakukan kesalahan

Wasit meniup peluit atas pelanggaran yang dilakukan Samuel Umtiti di dekat garis tengah, Ferran Torres berada di rumah bebas di sayap kanan dan akan lakukan 1-on-1 tertentu dekat dengan interval.

Separuh permainan tak punya peluang jelas

‘Tiki’ tanpa ‘Taka’, seperti yang dikatakan seseorang yang nyinyir, Barça menikmati 74 persen kepemilikan bola, tapi tidak lakukan banyak hal ketika gagal menciptakan bahaya lagi. Dua dari tiga tembakan mereka merupakan tendangan bebas dan mereka kembali menutup laga di babak pertama di bawah asuhan Setien tanpa gol dan sangat membutuhkan inspirasi.

Fati berlari cepat keluar dari rel

Itu menjadi sesuatu ketika seorang anak 17 tahun menjadi orang yang berusaha membangunkan timnya. Tapi, Fati tetap lakukan hal itu setelah kickoff di babak kedua, lewat tembakannya yang melebar.

Valencia yang mendapat keunggulan

Berawal dari Jordi Alba, Maxi Gomes punya waktu dan ruang untuk lepaskan tembakan dari sudut lapangan dan Barca lagi-lagi tertinggal.

Arthur gantikan Aturo Vidal di laga ini

Arthur masih berjuang untuk benar-benar fit dan bermain tak efektif di laga ini, dia kemudian digantikan oleh pemain yang digantikan posisinya di awal laga, Arturo Vidal. Laga ini membutuhkan pemain asal Chile tersebut untuk mengambil alih posisi Arthur, dan dia segera menggertak Valencia di sekitar area dan langsung terhubung baik dengan Messi.

Messi mulai temukan jangkauannya

Bintang asal Argentina ini pasti mencetak gol, kalau saj bolanya tak diblok Gabriel Paulista. Messi kemudian bermain melebar beberapa menit kemudian, saat ia menyelinap ke dalam kotak. Barca tampak mulai akan mencetak gol persamaan, pada akhirnya, tapi ia belum dapatkan peluang terbaik.

Apakah Setien melatih timnya secara berlebihan?

Setien mulai disebut-sebut melatih timnya secara berlebihan. Pasalnya, ia tak memberi skuad Blaugrana satupun hari libur, sejak ia mengambil alih skuad raksasa Catalan tersebut. Bahkan pemain sekelas De Jong pun tampak kelelahan. Bagaimanapun, Setien gagal dalam ujian terbesarnya di Barcelona.