Barcelona Dapat Tiga Pelajaran Ini Usai Ditahan Imbang Espanyol

Barcelona Dapat Tiga Pelajaran Ini Usai Ditahan Imbang Espanyol

Gilabola.com – Barcelona secara mengejutkan berhasil ditahan imbang Espanyol, 2-2, Minggu (5/1). Blaugrana pun dapat tiga pelajaran penting dalam derby Barceloni tersebut.

Berkat hasil imbang tersebut, Barca saat ini memang masih bertengger di posisi teratas klasemen sementara La Liga. Namun, skuad asuhan Ernesto Valverde itu sekarang kantongi poin yang sama dengan rival abadinya, Real Madrid, 40 poin, setelah El Real menang 3-0 di kandang Getafe.

Kartu merah Frenkie de Jong rugikan Barca

Frenkie de Jong tunjukkan penampilan berkualitas sejak ia gabung Barca dari Ajax Amsterdam musim panas lalu. Tapi, kartu merah yang diterimanya – kartu merah pertama dalam karirnya, di laga melawan Espanyol, membuat timnya kehilangan tiga poin yang semula sudah mereka kantongi di Stadion RCDE.

Bintang asal Belanda itu memang mendapat kartu kuning karena pelanggaran yang dilakukannya terhadap Matías Vargas. Namun, ia membuat wasit tak punya pilihan lain selain mengeluarkan kartu kuning lagi untuknya, ketika dia menarik kaos Jonathan Calleri.

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Ini kartu merah pertamanya untuk Barcelona, ​​yang pertama dalam karirnya dan ia harus mengakhiri laga dengan buruk untuk seorang gelandang. Namun, di laga tersebut De Jong bukan satu-satunya yang apes, Ivan Rakitic juga tampilkan permainan buruk yang harus segera dilupakan dan hanya bermain 45 menit sebelum akhirnya digantikan Arturo Vidal.

Berkat kartu merah tersebut, De Jong akan jalani skorsing di pertandingan La Liga melawan Granada pada 19 Januari mendatang, dan membuat Valverde kekurangan opsi di lini tengah untuk pertandingan itu.

Diungkapkan Barca Blaugranes, Valverde hanya akan diperkuat Arturo Vidal, Sergio Busquets dan Ivan Rakitic sebagai gelandang senior yang tersedia, meskipun Sergi Roberto juga merupakan opsi yang akan masuk ke lini tengah.

Pelatih 55 tahun itu juga memiliki jadwal dua pertandingan Piala Super Spanyol sebelum pertandingan kontra Granada tersebut, dan dipastikan akan khusyu berdoa agar trio lini tengahnya tersebut bisa melalui pertandingan-pertandingan tersebut tanpa cedera.

Luis Suarez dan Arturo Vidal Terus Tunjukkan Penampilan Apik

Bintang Uruguay tersebut terus mengacaukan para pengkritiknya dengan tunjukkan penampilan berpengaruh lainnya, di mana ia mencetak gol dan assist untuk Barca di laga kontra Espanyol.

Suarez berhasil samakan kedudukan di awal babak kedua, tepatnya di menit ke-50, setelah bola dikirimkan Jordi Alba dari sebelah kiri. Suarez kemudian berikan umpan silang untuk Arturo Vidal untuk berhasil membawa Barca memimpin 2-1 di menit 59. Sebelumnya, di babak pertama Espanyol unggul 1-0 lewat gol David Lopez di menit 23.

Kinerja Suarez pun membuat OptaJose menyoroti betapa efektifnya Suarez belakangan ini. Pemain 32 tahun itu sudah terlibat dalam terciptanya 10 gol terakhir yang dikantongi Barcelona di La Liga, dengan rincian empat gol dan enam assist. Suarez juga menjadi pemain yang paling sering mencetak gol dan membantu terciptanya gol dalam satu pertandingan La Liga.

Pemain Uruguay itu bukukan enam gol dan sembilan assist dalam sembilan pertandingan terakhirnya untuk Barca, dan menjadi penyelamat klub di laga melawan Espanyol pada malam yang lebih senyap untuk Lionel Messi.

Arturo Vidal juga tunjukkan penampilan apik, sekali lagi, setelah ia bermain dari bangku cadangan di babak pertama. Pemain asal Chile itu telah membantu mengubah permainan dan mencetak gol keenamnya musim ini serta membawa Barca unggul.

Diungkapkan Valverde, Vidal telah membantu berikan timnya ‘keunggulan ekstra’ di lini serang. Tentu saja, hal ini membuat Barca kemungkinan tak akan membiarkannya pergi pada Januari ini.

Penampilan Tandang Barcelona Mungkin Harus Dibayar Gelar

Barcelona kembali menampilkan performa buruk dalam pertandingan tandang akhir pekan kemarin, di mana mereka menyia-nyiakan keunggulan dua poin mereka atas Real Madrid dan membuat tim harus kembali ekstra waspada di paruh kedua musim ini.

Ernesto Valverde tampaknya tidak mampu mengoreksi kekurangan timnya, yang mungkin akan berakhir dengan mengorbankan gelar juara. Memasukkan Vidal di babak pertama telah membantu tim dalam mengubah permainan mereka. Tapi, Barca benar-benar tak bisa terus memberi tim-tim lawan keunggulan di babak awal, jika mereka ingin menyabet trofi musim ini.

Barca kini hanya memenangkan empat dari 10 pertandingan tandang mereka di La Liga musim ini, dengan koleksi kebobolan 13 gol dalam pertandingan-pertandingan tersebut, yang nyaris tak memenangkan gelar.

Sang juara masih harus tandang ke markas tim-tim seperti Real Madrid, Valencia, Real Betis, Villarreal dan Celta Vigo, hingga kegagalan mereka untuk mengalahkan tim papan bawah La Liga, Espanyol, tidak akan banyak membantu meningkatkan kepercayaan tim raksasa Catalan tersebut.