Barcelona Berpeluang Tunjuk Xavi Jadi Pelatih di Camp Nou

Barcelona Diskusikan Kemungkinan Xavi Jadi Pelatih di Camp Nou

Gilabola.com – Barcelona bertemu legenda klub, Xavi Hernandez, di Qatar, usai kekalahan kontra Atletico Madrid di Piala Super Spanyol, di tengah-tengah derasnya dukungan agar mereka mendepak Ernesto Valverde.

Namun, raksasa Catalan itu telah menegaskan, pertemuan tersebut tak terkait dengan spekulasi bahwa mereka akan memecat Valverde. Bahkan Barca juga menegaskan, mereka tak punya rencana untuk mendepak pealtih 55 tahun tersebut saat ini.

Valverde kembali berada di bawah tekanan setelah skuadnya alami kekalahan mengecewakan di ajang Piala Super Spanyol yang digelar di Arab Saudi pekan ini. Mereka terpaksa kembali ke Spanyol lebih awal, ketika Atletico menjadi tim yang akan melaju ke final dan bertemu Real Madrid akhir pekan ini.

“Kami tahu bagaimana sepakbola dan ada ketidakstabilan saat Anda kalah,” ujar Valverde usai pertandingan, ketika ditanya apakah ia berpikir posisinya kini makin terancam, seperti dilansir Standard Sport.

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

“Orang-orang akan membicarakan hal ini, itu tak bisa saya hindari. Tapi saya fokus pada pekerjaan saya, yaitu melatih tim saya,” tambah pelatih Barcelona berusia 55 tahun itu.

Kapten Barca, Lionel Messi, membela Valverde saat ia berbicara kepada wartawan usai pertandingan. “Kami percaya padanya,” tegas Messi.

Pembelaan sama terhadap Valverde pun diungkapkan Luis Suarez. “Pelatih tidak bisa disalahkan. Kesalahan dan gangguan tertentu telah merugikan kita,” tambah Suarez.

Direktur hubungan kelembagaan Barca, Guillermo Amor, juga sempat ditanya Movistar mengenai nasib Valverde, apakah pelatih itu bisa dibebastugaskan usai kekalahan tersebut. “Tidak, tidak ada yang seperti itu,” ujar Amor.

Kontrak Valverde sendiri akan selesai pada musim panas, meskipun ada opsi baginya untuk tinggal selama satu musim lagi. Saat ini, ide klub adalah Valverde tetap bertahan hingga akhir musim ini.

Rencana itu belum dipengaruhi Supercopa, yang cukup rendah dalam daftar prioritas pada awal musim ini. Pasalnya, target utama Barca adalah juara LaLiga dan Liga Champions.

Perubahan pelatihan di Barca terlihat bisa terjadi di musim panas, dengan mantan bek mereka Ronald Koeman menjadi salah satu target untuk menjadi pelatih baru, dan kini Xavi Hernandez juga muncul sebagai alternatif.

RAC1 melaporkan, direktur olahraga Barca, Eric Abidal, dan CEO Oscar Grau bertemu dengan legenda klub, Xavi Hernandez, di Qatar, pada Jumat (10/1) waktu setempat, untuk membahas kemungkinan mantan gelandang kenamaan mereka itu melatih raksasa Catalan tersebut di masa depan – bahkan kemungkinan mulai musim depan.

Xavi yang berusia 40 tahun di akhir bulan ini, mengaku akan sangat senang bisa melatih Barcelona suatu hari nanti. Tapi, ia juga selalu menyatakan, penting baginya untuk mempersiapkan diri hadapi tantangan besar di Barca, dan mendahului impiannya itu dengan bertugas di klub Qatar, Al-Sadd, sejak musim panas lalu.

Saat ini, baik Abidal maupun Grau tengah berada di Qatar untuk memeriksa kemajuan Ousmane Dembele, yang berada di Doha untuk jalani perawatan dan pemulihan dari cedera paha.