Barcelona: Ernesto Valverde Torehkan Prestasi Gemilang di 96 Laga

Barcelona: Ernesto Valverde Torehkan Prestasi Gemilang di 96 Laga

Barcelona baru saja memperpanjang kontrak Ernesto Valverde. Blaugrana layak pertahankan pelatih berusia 55 tahun itu karena catatan gemilang dalam 96 pertandingan yang dipandunya di semua kompetisi.

Ernesto Valverde tinggal selangkah lagi genapi koleksi laganya menjadi 100 pertandingan. Namun sebelum genap menjadi 100 laga, mantan pelatih Athletic Bilbao ini sudah torehkan prestasi gemilang, selain memenangkan gelar La Liga dan Copa del Rey di tahun pertama.

Berada di posisi teratas papan klasemen La Liga yang tengah menyongsong laga di babak 16 besar Liga Champions dan semi final Copa del Rey, Ernesto Valverde beserta para pemainnya punya banyak target besar musim ini. Meski demikian, semua itu diraih Valverde dan skuadnya dengan tidak mudah. Musim lalu, mereka tersingkir di ajang Eropa, setelah dikandaskan AS Roma.

Sementara dalam 96 pertandingan yang dilakoni Barca di bawah asuhan Valverde, Barca telah memenangkan 65 laga di antaranya, imbang 22 kali dan hanya kalah sembilan kali! Atau, Barca sudah bukukan kemenangan dalam 68 persen laga yang dilaluinya bersama Valverde.

Dari 65 Kali Menang, 43 di Antaranya di La Liga

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Dari 65 laga yang dimenangkan Lionel Messi dan kawan-kawan, mereka menangkan 43 pertandingan La Liga, 11 laga Copa del Rey, 10 pertandingan Liga Champions dan satu laga lainnya digelar di Piala Super Spanyol – satu trofi lainnya yang berhasil ditambahkan Valverde sejak ia datang menggantikan Luis Enrique.

Sementara dalam 96 pertandingan yang dipandu Valverde, Blaugrana kantongi 233 gol dan kebobolan 78 gol lawan.

Satu catatan menakjubkan Valverde lainnya, saat ia menutup musim perdananya sebagai pelatih Barcelona dengan catatan hampir tidak pernah kalah di La Liga. Catatan tak terkalahkan skuadnya buyar di kandang Levante dalam pertemuan kedua.

“Saya sangat senang. Saya merasa jalani situasi unik, dan saya bersyukur klub menghargai pekerjaan saya. Mereka tawarkan saya kesempatan untuk terus berkarya di sini, dan saya tidak pernah ragu untuk menerimanya. Saya senang bisa memperpanjang kontrak saya di sini,” tandas Valverde mengenai kontrak barunya yang akan berlaku hingga 2020 mendatang, dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Tak Lepas dari Dukungan Para Pemainnya

“Kami punya banyak tantangan ke depan, banyak pertandingan dan trofi yang harus kami menangkan. Ini sungguh menghibur, karena klub ingin saya lanjutkan proyek ini. Sampai taraf tertentu, itu membuat saya mendapat tanggung jawab lebih besar,” tambahnya.

Ernesto Valverde pun merasa, niatnya dan juga klub untuk teruskan karirnya di Barca tak lepas dari dukungan para pemainnya. Mantan penyerang Barca di era 1988 – 1990 inipun mengaku merasa sangat nyaman bekerja di Camp Nou.

“Saya benar-benar nyaman bersama tim, bersama para pemain saya. Kami tahu seberapa besar klub ini, dan menjadi tantangan yang sangat menarik untuk melatih klub ini, serta bekerja dengan para pemain ini. Semua pihak telah memberi motivasi untuk saya tetap di sini,” ujar Valverde.