Barcelona Fokus Membangun Tim di Sekitar Lionel Messi

Barcelona Fokus Membangun Tim di Sekitar Lionel Messi

Gilabola.com – Barcelona fokus membangun tim di sekitar Lionel Messi, setelah sadar betul tak cukup hanya memiliki pemain mungil asal Argentina itu saja.

Pasalnya, bahkan dengan adanya Lionel Messi dalam skuad mereka, Timnas Argentina tak bisa memenangkan pertandingan. Selain itu, Barca juga tak bisa memenangkan semua trofi yang tersedia.

Walaupun penyerang mungil bernomor punggung 10 itu tetap harus diakui sebagai pemain penting untuk klub dan negaranya, tapi memiliki Messi saja di lapangan tidak selalu cukup. Demikian seperti diulas Marca.

Karena itulah, di Camp Nou, Barca sangat menyadari hal itu dan kini fokus membangun tim di sekitar megabintang mereka tersebut, ketika klub juga ingin membantunya terus meraih kesuksesan dan mengurangi tekanan yang dialami Messi.

Tak Bisa Terus-Menerus Diandalkan

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Harus diakui, Barcelona saat ini memiliki semacam ‘Messidepencia’, atau ketergantungan pada Messi. Kepentingannya bagi tim tidak pernah dipertanyakan, setelah ia berhasil mencetak 51 gol musim lalu – jumlah koleksi gol yang akan selalu membuatnya berbeda dari pemain lain.

Tapi, seperti yang terlihat tahun lalu, Messi tidak bisa berulang kali diandalkan untuk menghasilkan gol-gol di setiap pertandingan. Kekuatan yang ada di lingkungan Barca sadar akan pentingnya arti pemain Argentina itu bagi tim dan ruang ganti, tapi mereka juga sadar bahwa kunci sukses bagi Messi – dan juga klub, adalah dengan mengumpulkan banyak pemain bintang lain di sekitar Messi, yang nantinya akan sama-sama meningkatkan daya saing skuad.

Pada gilirannya, hal ini akan meningkatkan kekuatan Messi saat Blaugrana sekali lagi mengejar predikat tim terbaik di Eropa. Kesimpulannya, Messi harus mendapat dukungan yang lebih baik di lapangan. Tidak hanya dari para pemain yang selalu tampil percaya diri, tapi juga dari mereka yang haus trofi dan punya karir menjanjikan.

Selama bertahun-tahun, Messi telah diharapkan untuk sendirian mempersembahkan trofi. Walau namanya memang cukup identik dengan kesuksesan, tapi pada kenyataannya untuk memenangkan Liga Champions, dia perlu dikelilingi para pemain muda yang ambisius dan berbakat.

Neymar? Nanti Dulu..

Karena itulah, sebagian besar pemain yang diminta bergabung ke Blaugrana adalah pemain-pemain seperti: Matthijs de Ligt, Junior Firpo, Andre Onana atau Pau Lopez.

Dalam daftar ini, Neymar tak punya fitur. Terlepas dari hubungan dekat pemain asal Brasil itu dengan sang bintang asal Argentina, Neymar tampaknya tidak ada dalam rencana Barca musim depan.

Barcelona tentunya tidak mau pendamping Messi hanya tampil di musim berikutnya; karena Barca tentunya ingin mereka terus maju dan menjadi pilar baru di dalam tim. Kontrak Messi sendiri akan berakhir dalam dua tahun mendatang.

Masih Ada Waktu untuk Para Veteran

Meskipun dia akan memperbaruinya, hirarki klub mulai menerima bahwa penampilannya yang mengubah permainan akan mulai berkurang. Jadi, Barca berniat menyiapkan hal itu hari ini. Mereka juga tak ingin perubahan generasi klub dilakukan serampangan atau terburu-buru.

Tetapi untuk pemain yang telah berusia 31 tahun, atau yang akan berusia 32 tahun pada 24 Juni mendatang, mereka masih harus merasa seperti tetap memiliki tahun tersisa di level tertinggi dan Barca pasti ingin mengambil manfaat dari keyakinan itu sebanyak mungkin.

Hal inilah yang kemungkinan tetap membuka peluang bagi Luis Suarez, Jordi Alba atau Sergio Busquets untuk tetap berada di Camp Nou. Walaupun, Barca juga terus berburu para pemain pendamping baru dan terbaik untuk Messi.