Barcelona Gantung Nasib Ernesto Valverde

Barcelona Gantung Nasib Ernesto Valverde

Gilabola.com – Barcelona mengundur jadwal rapat pembahasan nasib pelatih Ernesto Valverde hingga akhir pekan ini.

Tapi diyakini Standard Sport, tak akan ada keputusan yang ditetapkan pada tahap ini. Valverde sendiri telah berada di bawah tekanan sejak Barca kalah 0-4 dari Liverpool dan tersingkir di semi final Liga Champions pada awal Mei. Tekanan itu terus meningkat sejak mereka kalah 1-2 dari Valencia di final Copa del Rey akhir pekan lalu.

Sebuah laporan di stasiun radio Catalan, RAC1, pada Selasa sebelumnya mengklaim, pelatih berusia 55 tahun itu akan dipecat Selasa (28/5) waktu setempat. Namun, informasi itu beredar terlalu dini.

Dewan pengurus Barca kemudian mengundur jadwal pertemuan mereka pada Rabu (29/5) atau Kamis (30/5) waktu setempat. Namun, kini mereka bukan hanya akan membahas nasib Valverde, tetapi juga manajer umum Barcelona, Pep Segura, yang sedang dalam pengawasan karena dinilai telah lakukan kesalahan dalam perencanaan dan konfigurasi skuad tim utama Blaugrana.

Akan Jauh Lebih Baik Jika Barca Menang

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Sebagian dari dewan Barca mendukung pemecatan Valverde – yang bebas dari kritik presiden Josep Maria Bartomeu setelah Barca kalah dari Valencia di Copa del Rey. RAC1 memperkirakan, tekanan pada posisi Valverde kemungkinan berasal dari salah satu direktur, dengan tujuan memberi tekanan pada pimpinan klub.

Valverde juga sempat ditanya usai timnya kandas di Copa del Rey, apakah ia merasa waktunya di Camp Nou sudah selesai.

“Saya tidak bisa katakan apa-apa… Saya merasa baik-baik saja. Jelas, saya akan jauh lebih baik jika kami menang, seperti tahun lalu. Sangat berbeda dengan apa yang terjadi dua pekan lalu, tapi kami kalah lagi,” tandas Valverde ketika itu.

Siapkan Pengganti

Barcelona sebelumnya dilaporkan telah siapkan sejumlah nama yang dinilai pas untuk gantikan Valverde musim depan. Satu nama yang santer dikabarkan positif untuk mengasuh Blaugrana, adalah pelatih Timnas Belgia, Roberto Martinez.

Barca bahkan diberitakan telah mencoba mengontak Martinez, yang juga cukup terbuka dengan tawaran yang disodorkan Blaugrana. Kabarnya, Barca akan segera lakukan pertemuan dengan pelatih berusia 45 tahun tersebut.

Namun, Barca akan lebih dulu bertemu Valverde untuk bicara dan menganalisa berjalannya kompetisi musim ini, serta mencapai semacam konsensus pada apa yang terjadi. Para pengurus raksasa Catalan itu akan menilai pekerjaan yang sudah dilakukan Valverde sejauh ini dan bagaimana suasana ruang ganti di bawah asuhan mantan pelatih Athletic Bilbao yang juga mantan penyerang Barca itu.