Barcelona Kasak-kusuk Pengganti Quique Setien

Gilabola.com – Barcelona ditawari pelatih yang disebut-sebut bisa gantikan Quique Setien, walau arsitek klub 61 tahun itu akan bertahan di Camp Nou usai Blaugrana gagal mempertahankan gelar juara.

Memang bukan rahasia lagi, hasil buruk yang dikantongi Barca di ajang liga musim ini telah membuat Setien berada di ujung tanduk. Apalagi, setelah Barca unggul dua poin dari Real Madrid, kini mereka harus menutup musim tujuh poin di belakang rival abadinya tersebut.

Gelar juara pun berhasil direbut skuad Zinedine Zidane tersebut. Bahkan Setien sempat tak yakin, apakah dirinya akan tetap berada di bench saat Lionel Messi dan kawan-kawan menjamu Napoli tiga pekan mendatang.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Namun, menurut laporan Sport yang dilansir Forbes, pertemuan antara presiden Josep Maria Bartomeu dan Setien telah memutuskan, mantan pelatih Real Betis itu akan tetap bertugas di Camp Nou sampai Barca bertemu Napoli, 8 Agustus 2020. Tapi siapa yang tahu apakah dia harus mencari pekerjaan baru jika Barca tersingkir dari kompetisi bergengsi klub-klub papan atas Eropa tersebut.

Dalam sebuah wawancara di pinggir lapangan yang jarang terjadi usai Barcelona dikalahkan Osasuna pekan ini – yang akhirnya makin memuluskan jalan bagi Los Blancos untuk mengangkat trofi, Lionel Messi sempat mengkritik lemahnya pasukan Blaugrana saat ini dan mendesak dilakukannya perubahan jika tak ingin Barca kalah lagi dari Napoli.

Channel Gilabola di Youtube

Sampai di situ, banyak rumor beredar tentang siapa yang bisa menggantikan Setien, yang sebenarnya baru menjabat sebagai pelatih di klub raksasa Catalan itu pada Januari lalu itu.

Lalu pada Sabtu (18/7) pagi waktu setempat, Mundo Deportivo mengklaim, super-agen asal Portugal, Jorge Mendes, telah menawarkan ‘calon pengganti’ Setien pada Bartomeu. Pelatih yang digadang-gadang mampu jadi pengganti pelatih asal Cantabria itu adalah, pelatih asal Prancis yang dipecat PSG pada 2016 lalu, Laurent Blanc.

Mendes sendiri dikenal sebagai agen yang mewakili bek Barca, Nelson Semedo. Ia juga telah klub itu membantu melancarkan kesepakatan Francisco Trincão.

Kini, Mendes diberitakan telah membuka negosiasi dengan Barcelona sekitar dua pekan lalu, setelah pelatih berusia 54 tahun itu menjadi klien Mendes.

Blanc sendiri pernah menjadi pemain Barca di musim 1996/97, dan tampil dalam 28 pertandingan. Beroperasi sebagai pemain bertahan, Blanc tercatat menyumbangkan satu gol untuk Barca.

Blaugrana merekrutnya setelah ia tampill menawan di Auxerre. Saat itu, manajer Johan Cruyff meminta klub untuk mendatangkannya. Namun, ketika Blanc menyatakan ‘ya’ kepada Barca, Cruyff dipecat. Berikutnya, Blanc menjadi pemain yang dinilai kurang bagus di lapangan.

Selama berkarir sebagai pemain Barcelona, Blanc juga kerap dibekap cedera. Hingga akhirnya, ia hanya menjalani satu musim yang mengecewakan di Camp Nou, setelah itu ia kembali ke Prancis dan membela Marseille.

AHABET
AHABET