Barcelona Ketiban Rejeki Nomplok Jebolan La Masia Tinggalkan Real Betis Pindah ke Inggris

Gila Bola – Barcelona ketiban rejeki nomplok saat salah satu jebolan La Masia pindah dari Real Betis ke klub Liga Premier musim panas ini.

Mengingat buruknya kondisi keuangan Barca saat ini, kebagian dari 9 juta Euro – setara 158 miliar Rupiah, tentunya dirasakan sangat berarti bagi klub Catalan tersebut.

Barca kemungkinan besar juga tetap harus menjual beberapa pemainnya musim panas ini. Meringankan tagihan gaji dan datangkan dana dari penjualan pemain tentunya akan sangat membantu mereka untuk kembali ke aturan satu banding satu di La Liga, yang diklaim Javier Tebas bisa terjadi jika klub penuhi persyaratan tertentu.

Menurut Mundo Deportivo, Barca akan kantongi dana 158 miliar Rupiah setelah Real Betis menjual mantan pemain La Masia, Chadi Riad, yang menjadi pemain pertama yang direkrut Crystal Palace jelang musim depan.

Pada tahun 2023, Chadi Riad rampungkan transfer permanennya dari Barca ke Betis dengan ongkos 3 juta Euro – atau sekitar 53 miliar Rupiah, karena makin ketatnya persaingan di Barcelona.

Barcelona Dapat Manfaat dari  Klausul Penjualan Riad ke Betis

Ketika itu, Barca memasukkan klausul penjualan sebesar 50 persen, yang akhirnya mereka tuai manfaatnya saat ini. Dengan penjualan Riad, Barca pun mendapat dorongan finansial yang sangat mereka butuhkan, di tengah berbagai masalah ekonomi yang tengah mereka hadapi.

Chadi Riad – seorang bek tengah berdarah Spanyol – Maroko, saat ini sudah jalani tes medis di klub London Selatan tersebut, yang berhasil dilaluinya tanpa masalah.

Pengumuman resmi klub mengenai transfernya diperkirakan akan segera dilakukan setelah Riad pulang dari membela Maroko di Kualifikasi Piala Dunia.

Barcelona Raup Untung Besar!

Kabar dari Inggris menyebutkan, Crystal Palace gelontorkan dana sebesar 15 juta Poundsterling – sekitar 310 miliar Rupiah, sebagai bagian dari kesepakatan transfer Riad, plus tambahan sebesar 2 juta Euro (35 miliar Rupiah) dalam bentuk variabel. Baik Real Betis maupun Barcelona akan membagi dana ini.

Barca akan kantongi dana 158 miliar Rupiah,  sementara Betis – yang sebelumnya bayarkan sekitar 53 miliar Rupiah untuk 50 persen hak transfer Riad, akan meraup dana bersih 6 juta Euro saja – stau sebesar 105 miliar Rupiah, dari kesepakatan ini.

Tentu saja, penjualan pemain jebolan La Masia ini oleh klubnya terjadi di saat yang tepat bagi tim Catalan itu, yakni jelang bergulirnya bursa transfer musim panas, terutama dengan Riad yang tak lagi menjadi pemain Blaugrana.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!