Barcelona Makin di Ambang Kebangkrutan

Gilabola.com – Barcelona kini makin berada ‘di ambang kebangkrutan’ karena terlilit utang dan gagal membayar penuh gaji para pemain mereka untuk paruh kedua tahun 2020.

Tim Catalan itu kini diberitakan harus hadapi situasi keuangan yang mengerikan, karena memiliki utang serius dengan angka terbaru sebesar 1,2 Miliar Euro atau setara dengan 20,5 Triliyun Rupiah.

Nilai tersebut terdiri dari utang sebesar 730 Juta Euro (sekitar 12,5 Triliyun Rupiah) dari jumlah yang jatuh tempo dalam jangka pendek, dan 266 Juta Euro (4,5 Trilyun Rupiah) lainnya merupakan dana yang harus dibayarkan ke bank sebelum 30 Juni 2021.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Karena hal itulah, media Spanyol El Mundo – seperti yang dilansir TalkSPORT, mengklaim bahwa raksasa LaLiga itu tengah berada ‘di ambang kebangkrutan’.

Laporan itu juga menggarisbawahi fakta bahwa 74 persen dari pendapatan Barcelona digunakan untuk menggaji para pemain mereka, di mana ini menjadi angka yang telah melebihi batas pengeluaran gaji yang ditetapkan La Liga sebesar 70 persen.

Ditambahkan Cadena COPE, para pemain Barca – termasuk Lionel Messi, juga sudah tidak menerima gaji pada bulan lalu, di mana pembayaran gaji tersebut meliputi paruh kedua tahun 2020.

Para pemain Blaugrana biasanya menerima pembayaran gaji mereka sebanyak dua kali dalam setahun. Sebagian gaji dibayarkan pada bulan Juni untuk menutupi paruh pertama di setiap musimnya, dan sebagian gaji lainnya dibayarkan pada bulan Desember untuk paruh kedua musim.

Saat ini pembayaran gaji Desember mereka sudah mundur dari jadwal, di mana kekurangan pembayaran gaji di bulan itu – yang meliputi pembayaran gaji bulan Juli hingga Desember, diperkirakan baru bisa dilakukan pada bulan Februari.

Barcelona juga khawatir dengan besarnya jumlah dana yang harus mereka bayarkan ke klub-klub lain, karena mereka belum lunasi pembayaran dana transfer, meskipun pemainnya sudah menghilang dari Camp Nou.

Itulah sebabnya mengapa Barca memiliki total utang sebesar 126 Juta Euro (2,1 Trilyun Rupiah) ke banyak klub lain. Mereka bahkan masih berutang 29 Juta Euro (495 Milyar Rupiah) kepada Liverpool, terkait dengan transfer Philippe Coutinho pada tahun 2018.

Lalu, Barca juga masih berutang pada Ajax sebesar 16 Juta Euro (sekitar 273 Milyar Rupiah), yang terkait dengan transfer Frenkie de Jong, bahkan berutang pula pada Bordeaux sebesar 10 Juta Euro atau setara dengan 171 Milyar Rupiah yang terkait dengan kedatangan Malcom ke Camp Nou. Kedua klub ini sudah meminta pembayaran utang mereka sebesar tanggal 30 Juni 2021.

Parahnya lagi, Barcelona ternyata juga masih berutang pada Gremio dan Bayern Munchen, saat mereka datangkan Arthur – yang kini kembali bersinar di Juventus setelah dibuang musim panas lalu, dan Arturo Vidal yang kini merumput di Inter Milan.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO