Barcelona Melempem, Cuma Empat Pemain Punya Rating Bagus di El Clasico

Gilabola.com – Barcelona lakoni laga imbang tanpa gol dalam El Clasico melawan Real Madrid, Kamis (19/12) WIB, pertama kalinya dalam 17 tahun terakhir. Hanya empat pemain Blaugrana yang punya rating bagus di pertandingan ini.

Para pemain Barca gagal mencetak gol di kandang sendiri dalam laga bergengsi ini, dan mungkin merasa senang bisa dapatkan poin. Padahal, hanya empat pemain saja yang mendapatkan rating tinggi, dengan nilai delapan. Mereka adalah sang kiper Marc-Andre ter Stegen, bek veteran Gerard Pique, gelandang muda asal Belanda Frenkie de Jong dan tumpuan di lini depan, Lionel Messi.

Adapun peringkat para pemain Blaugrana versi AS, sebagai berikut:

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Ter Stegen: kiper asal Jerman ini kembali tampil kokoh dalam laga El Clasico yang digelar Rabu malam waktu setempat. Beberapa intervensi penting dilakukan para pemain Madrid, dan berhasil menggagalkan upaya pemain muad Federico Valverde serta Casemiro. Ter Stegen bermain hebat – seperti biasanya, dengan bola di kakinya dan distribusinya dari lini belakang yang banyak menciptakan peluang serangan bagi Barca – 8.

Nelson Semedo: Permainan hening yang ditunjukkan bek asal Portugal ini. Dia punya banyak masalah dengan energi yang ditunjukkan bintang Madrid, Ferland Mendy, di lini sayap. Ia tampak harus menderita dalam lakukan upaya membela diri dan tak bisa lakukan banyak hal dalam membantu serangan – 5.

Piqué: Kembali tunjukkan kontribusi yang sangat besar. Pemain gaek mantan punggawa Timnas Spanyol ini mampu membendung bola di depan gawang yang berawal dari sundulan kepala Casemiro dan berulang kali menggagalkan upaya Real Madrid. Pique pun kembali ke penampilan terbaiknya – 8.

Clement Lenglet: Penampilan aneh ditunjukkan bek asal Prancis yang biasanya tampil andal ini. Dia juga dikartu kuning karena lakukan pelanggaran terhadap Isco, melakukan  beberapa kali tantangan gegabah termasuk yang terjadi pada Raphael Varane – yang seharusnya berbuah menjadi penalti bagi tim tamu. Lenglet hanya satu kali membersihkan bola yang langsung mampir di kaki pemain Madrid. Lenglet benar-benar tampil tak biasa dan sama sekali tak menunjukkan permainan aslinya – 5.

Jordi Alba: Masih bukan bek kiri yang kita semua tahu, tetapi cukup bermain bagus di babak pertama. Messi menjatuhkan umpan sempurna ke kakinya, tapi dia melewatkannya, padahal hanya berhadapan dengan Thibaut Courtois. Alba berhasil mengoper bola yang bagus ke kotak penalti untuk Luis Suarez. Dia dinilai ‘mati’ dalam hal memberi ancaman serangan, tetapi bertahan dengan cukup baik – 6.

Ivan Rakitic: Dimainkan di poros pertahanan sebagai pengganti Sergio Busquets di akhir permainan. Efektif tanpa pernah menjadi brilian. Tumpang-tindih di babak pertama namun bisa mengembangkan permainannya untuk Barcelona di babak kedua – 6.

Sergi Roberto: Tidak terlihat nyaman di lini tengah. Ketika dia diturunkan di dalam, dia keluar dari permainannya dan keluar dari posisi yang seharusnya rutin dia lakukan. Namun, Roberto membaik ketika ia bermain ke kanan dan menjadi semakin jelas bahwa perannya tidak di lini tengah – 5.

Frenkie de Jong: Gelandang Belanda ini menjadi pemain terbaik di lini tengah tanpa pernah memberi cukup pengaruh pada permainan yang dilakukan Barca dinihari tadi. Tapi dia memang terlihat seperti ingin membuat sesuatu terjadi, dan memiliki beberapa hal luar biasa. De Jong berhasil lakukan satu tembakan bagus, setelah kerja sama satu-dua yang apik bersama Suarez. Sayangnya pelung ini berhasil diselamatkan Courtois. Teruslah bermain bagus, anak muda! – 8.

Messi: Memenangkan jumlah tekel terbanyak untuk Barcelona dengan empat kali tekel, dan lakukan banyak tugas di laga ini. Dia menghabiskan lebih banyak waktu bermain di lini tengah daripada di lini serang, saat dia mati-matian mencoba mengubah arah permainan dan berusaha membuat timnya unggul. Dia punya peluang besar dari umpan Antoine Griezmann, tapi tidak bisa menyelesaikan apa yang biasanya seperti roti dan mentega untuknya – 8

Luis Suárez: Menghabiskan separuh pertandingan di lapangan karena serangkaian slip. Tidak jalani hari yang sangat berguna di lini serang, tetapi menyampaikan hal-hal yang tidak bisa dinegosiasikan, yakni pengorbanan dan upayanya di lapangan – 6.

Griezmann: Permainan yang sulit untuk dinilai dari pemain asal Prancis itu. Murah hati ketika membela, tapi tidak banyak melakukan serangan. Striker itu masih belum hidup di Barcelona, sementara ia berhasil memberikan umpan bagus kepada Messi yang berpotensi menjadi gol. Sayangnya bintang asal Argentina itu gagal mengonversi peluang tersebut – 6.

Pemain Pengganti
Arturo Vidal: Memiliki segala hal yang diperlukan untuk menjadi sukses. Kesediaan dan fisiknya memberi Barca lebih banyak hadir di lapangan, dan menjadikan mereka lebih mengancam di lini serang.

Ansu Fati: Baru bermain di menit ke-82. Ini menjadi El Clásico pertamanya, dan ia ingin sekali menguasai bola serta mencetak gol. Sempat sodorkan umpan kepada Messi dan Suarez, namun gagal bersarang di gawang Madrid. Upayanya kemudian dicegah Dani Carvajal, yang juga memprovokasi wasit agar pemain muda itu dikartu kuning dengan tuduhan diving.