Barcelona Memang Kalah dari Madrid, Tapi Gavi Catatkan Rekor

Barcelona memang kalah dari Real Madrid di El Clasico akhir pekan kemarin. Namun bintang muda Blaugrana, Gavi, mencatatkan rekor tersendiri di laga tersebut.

Gilabola.com – Gelandang remaja harapan tim Catalan itu menjadi pemain termuda yang menjadi starter di pertandingan bergengsi yang mempertemukan dua tim raksasa Spanyol tersebut di abad ini, dan menjadi yang termuda ke dua secara keseluruhan.

Enamratus tujuh puluh enam hari telah berlalu sejak El Clasico terakhir, laga El Clasico pun kembali digelar pada Minggu (24/10) malam, di mana Gavi turun sebagai starter. Sayangnya, Barca kalah 1-2 di laga kandang tersebut.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Tapi bagi Gavi, ini menjadi pertandingan Clásico yang membuatnya sukses pecahkan rekor. Di pertandingan pertamanya melawan Real Madrid di level senior pada usianya yang baru 17 tahun 79 hari, pemain Barcelona bernama lengkap Pablo Martin Paez Gavira itu menjadi pemain termuda kedua yang berlaga di laga El Clasico pada abad ke-20 ini, dan hanya diungguli Ansu Fati. Ia bahkan menjadi pemain termuda yang tampil sejak kickoff secara keseluruhan.

Progres Luar Biasa
Ini merupakan catatan terbaru dari serangkaian rekor yang telah dibukukan Gavi, sejak ia memulai debutnya di tim senior dalam laga melawan Getafe pada 29 Agustus 2021.

Setelah bermain dalam tujuh pertandingan La Liga dan tiga laga lainnya di Liga Champions, ia sekarang tahu betul seperti apa rasanya bermain melawan Real Madrid di pertandingan semegah El Clasico. Demikian diungkapkan situs resmi klub.

Apalagi, selain bersama Barcelona, belum lama ini dia juga menjadi pemain sepak bola termuda yang pernah membela Timnas Spanyol, saat ia tampil (dan unggul) di semi-final Uefa Nations League.

Di samping itu, Gavi dan rekan satu timnya, Pedri, juga menjadi salah satu dari 20 pemain yang berpeluang besar memenangkan penghargaan Golden Boy yang diselenggarakan media Italia, Tuttosport, untuk menghormati para pemain termuda terbaik di setiap tahunnya.

Sebelumnya diberitakan, Gavi kini juga menjadi pemain paling berharga ke delapan di tim Catalan tersebut setelah tampil menawan untuk Blaugrana. Pasalnya situs transfer bergengsi, Transfermarkt, belum lama ini memberi nilai transfer pada jebolan La Masia ini, di mana untuk penilaian pertamanya Gavi mendapat banderol sekitar 25 Juta Euro atau setara dengan Rp 409 Miliar. Hal itulah yang membuatnya menjadi pemain kedelapan paling berharga di skuad Barca.

Tujuh pemain Barcelona yang berada di atas gelandang 17 tahun tersebut adalah Frenkie de Jong (90 Juta Euro/sekitar Rp 1,5 Triliun), Pedri (80 Juta Euro/Rp 1,3 Triliun), Ansu Fati (60 Juta Euro/Rp 983 Miliar), Marc-Andre ter Stegen (55 Juta Euro/sekitar Rp 900 Miliar), Ousmane Dembélé (50 Juta Euro/sekitar Rp 819 Miliar), Memphis Depay (45 Juta Euro/sekitar Rp 737 Miliar) dan Sergino Dest dengan 30 Juta Euro (Rp 491 Miliar).

Sementara penilaian untuk Gavi ini lebih tinggi dibandingkan beberapa pemain muda berbakat Barca lainnya, seperti Eric Garcia (20 Juta Euro/Rp 328 Miliar), Riqui Puig dan Mingueza yang sama-sama dihargai 15 Juta Euro atau sekitar Rp 246 Miliar, serta Yusuf Demir sebesar 12 Juta Euro atau sekitar Rp 197 Miliar.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO