Barcelona Mulai Eksodus Musim Panas Diawali dengan Todibo

Gilabola.com – Barcelona memulai gelombang eksodus di musim panas ini, diawali dengan hengkangnya Jean-Clair Todibo kembali ke Prancis.

Bek tengah berusia 21 tahun itu pindah ke Nice dengan kontrak awal senilai 8,5 Juta Euro atau sekitar Rp 147 Milyar. Ini menjadi awal pelepasan sejumlah pemain yang diharapkan akan tinggalkan Camp Nou musim panas ini.

Kesepakatan transfer Todibo ini bisa mencapai 15,5 Juta Euro, jika ia berhasil memenuhi syarat pembayaran dana tambahan. Sementara Barca tentunya juga akan kecipratan untung dari kesepakatan ini di masa datang.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Saat ini, Barcelona telah merekrut empat pemain di musim panas ini, dan presiden Joan Laporta telah mengatakan keinginannya untuk datangkan ‘tiga dari empat’ pemain lain.

Namun Presiden La Liga, Javier Tebas, telah memperingatkan klub Catalan itu bahwa mereka harus bisa memangkas pengeluaran dari sektor pembayaran gaji, jika ingin datangkan pemain baru.

Ancaman Tebas ini juga meliputi kesepakatan baru untuk Lionel Messi, di mana penyerang asal Argentina ini akan lepas kontrak dua hari lagi.

Pimpinan La Liga itu mengatakan, Barcelona harus lakukan langkah-langkah untuk bisa mengatur gaji semua pemain mereka agar sesuai dengan batas yang ditentukan La Liga.

Beberapa waktu lalu, Barca membanggakan batas gaji terbesar di La Liga pada kisaran lebih dari 600 Juta Euro, tapi besaran itu dipotong hampir setengahnya setelah pandemi.

Pemotongan gaji pemain dan karyawan di Camp Nou sendiri sudah dimulai musim lalu, di mana klub akhirnya melepas Luis Suarez, Arturo Vidal dan Ivan Rakitic. Namun, lebih banyak pemain dipastikan akan tinggalkan Blaugrana tahun ini.

Pindahnya Todibo di Nice tak akan memberi pengaruh besar pada upaya klub untuk mengurangi pengeluaran mereka dari sektor pembayaran gaji, karena Todibo dipinjamkan ke klub lain musim lalu. Namun, pembayaran transfer yang diberikan Nice setidaknya akan membantu Barcelona menyeimbangkan neraca keuangan mereka.

Saat Laporta resmi menjadi presiden Barca yang baru pada bulan Maret, klub itu terlilit utang yang totalnya mencapai 1 Miliar Euro, walaupun mereka mendapat pinjaman sebesar 525 Juta Euro guna membantu klub melewati periode berat saat ini.

Kini, setelah Todibo pergi, dan pemain muda Amerika Serikat Konrad de la Fuente akan bergabung dengan Marseille, maka Blaugrana kini bisa fokus pada penjualan beberapa pemainnya yang lain.

Namun, meskipun Barcelona menyatakan terbuka pada tawaran yang datang, di antaranya untuk Junior Firpo, Philippe Coutinho, Neto, Samuel Umtiti dan Martin Braithwaite, sampai saat ini Barca belum kebanjiran tawaran untuk para pemain tersebut.

Todibo gabung Barca dari Toulouse pada tahun 2019, tapi gagal menerobos masuk ke tim yang jadi andalan pelatih Barca. Setelah ia dipinjamkan ke Schalke dan Benfica, Todibo kemudian dipinjamkan ke Nice awal tahun ini. Kini ia kembali ke Prancis dan permanenkan statusnya di Nice. Demikian diungkapkan ESPN.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO