Barcelona Pecat Valverde, Tunjuk Setien

Barcelona Pecat Valverde, Tunjuk Setien

Barcelona telah memutuskan untuk memecat Ernesto Valverde untuk hasil mengecewakan di Piala Super Spanyol, kalah dari Atletico Madrid, selang empat hari lalu.

Blaugrana gagal masuk final Piala Super Spanyol setelah dikalahkan Atletico Madrid dengan skor 2-3 pada semi final Piala Super Spanyol hari Jumat (10/01) lalu. Selain gagal di Piala Super Spanyol, hasil mengecewakan juga terjadi di Liga Spanyol kala melawan Real Madrid dan RCD Espanyol yang sama-sama berakhir imbang.

Ditambah lagi dengan permainan Barca yang terkesan enggan mengambil inisiatif menyerang, serta kegagalan menjadi juara di Liga Champions dalam beberapa musim terakhir menjadi alasan lainnya bagi pemecatan Valverde.

Pemecatan di tengah musim ini menjadi yang pertama kalinya terjadi sejak Louis van Gaal ditendang pada 2003 silam ketika tertinggal 20 poin dari Los Blancos di papan klasemen La Liga.

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Selain itu insiden pemecatan di tempat latihan ini menjadi yang kedua, setelah almarhum Johan Cruyff pada 1996 karena gagal mempersembahkan satu pun trofi dalam dua musim terakhirnya.

Media asal Katalunya, Catalunya Radio meyakini presiden klub Josep Maria Bartomeu telah bertemu Ernesto Valverde, setelah sehari sebelumnya berdiskusi dengan Eric Abidal, Oscar Grau dan asisten kepelatihan Ramon Plances dan Javier Bordas.

Rapat pertama terjadi pada hari Minggu waktu setempat, ketika Abidal dan Grau telah kembali dari Qatar seusai gagal merayu Xavi Hernandez kembali ke Camp Nou. Setelah Xavi menolak, maka muncul nama-nama kandidat pelatih lainnya, seperti Mauricio Pochettino, Ronald Koeman, Gabriel Milito dan Quique Setien.

Akan tetapi Diario AS dan RAC1 menyebut Barcelona telah resmi menunjuk nama terakhir sebagai suksesor Ernesto Valverde dengan durasi kontrak dua setengah musim dan akan segera diumumkan dalam waktu dekat.