Barcelona, Real Madrid, Atletico Dalam Enam Musim yang Paling Sulit Ditebak Siapa Juaranya

Gila Bola – Selisih nilai Atletico, Real Madrid dan Barcelona hanya lima poin saja satu sama lain di puncak klasemen Liga Spanyol usai kemenangan Los Rojiblancos dan Blaugrana pada Jumat dinihari 23 April 2021. Selain musim 2020/21, inilah lima musim lain di mana persaingan memperebutkan trofi La Liga sangat sulit ditebak hasilnya.

Atletico menang 2-0 atas Huesca, sementara Barca menghabisi Getafe 5-2 pada Jumat dinihari guna memberi tiga poin pada kedua tim itu selang enam pekan terakhir Liga Spanyol musim 2020/21. Pasukan Ronald Koeman masih memiliki tujuh laga lagi, yang berpotensi memberi keunggulan atas Los Blancos yang saat ini unggul dua poin di atasnya.

Selain musim 2020/21 ini, pada masa lalu pernah ada lima musim La Liga dengan selisih poin yang sangat ketat sampai ke laga terakhir musim.

Musim 1993/1994, Barca vs Deportivo La Coruna

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Deportivo saat itu memiliki keunggulan tiga poin atas FC Barcelona dengan empat pertandingan tersisa pada musim 1993/1994. Mereka hanya butuh dua kali menang saja dari 4 pertandingan tersisa. Namun mereka bermain imbang pada tiga pertandingan berikutnya, membuat Barcelona memiliki celah untuk merebut gelar La Liga keempatnya berturut-turut.

Barcelona memenangkan pertandingan terakhir mereka musim tersebut, tetapi Coruna masih bisa mengangkat gelar jika mereka memenangkan pertandingan terakhir melawan Valencia. Bek Deportivo asal Serbia, Miroslav Dukic, gagal menyarangkan penalti yang menghancurkan impian gelar mereka. Skor imbang 0-0. Akibatnya Barcelona dan Deportivo berbagi poin yang sama, 56, tetapi Barca unggul head-to-head, 3-1 agregat dari dua perjumpaan pada musim itu.

Klasemen Akhir:

  • FC Barcelona 56 poin, 38 pertandingan
  • Deportivo La Coruna 56, 38 laga.

Musim 2006/2007, Barcelona vs Real Madrid

Butuh laga sampai hari terakhir musim 2006/2007 untuk memastikan gelar. Barcelona menghadapi Gimnastic dan butuh kemenangan untuk mengamankan gelar, sementara Real Madrid hanya butuh hasil imbang melawan Mallorca.

Meskipun Barcelona mengalahkan Gimnastic 5-1, Real Madrid membalikkan ketertinggalan 0-1 untuk menang 3-1, sama poin untuk kedua tim tapi Real Madrid mengangkat gelar berkat keunggulan head-to-head atas tim Catalonia tersebut. Kedua raksasa La Liga main 3-3 di Camp Nou tapi Los Blancos menang 2-0 di Santiago Bernabeu.

Klasemen Akhir:

  • Real Madrid 76 poin, 38 pertandingan
  • FC Barcelona 76, 38 laga

Musim 2015/2016, Barcelona vs Real Madrid

La Liga musim 2015/16 adalah salah satu yang paling ketat dalam hampir satu dekade terakhir. Sampai pekan kedua terakhir musim itu, Barca, Real Madrid dan Atletico dalam posisi saling berebut gelar. Namun, setelah kalah 1-2 dari peringkat terakhir Levante, skuad Diego Simeone itu tersingkir dari perburuan gelar.

Barcelona mengalahkan Espanyol 5-0 dalam pertandingan kedua terakhir mereka musim 2015/2016, membawa mereka unggul satu poin dari tim urutan kedua Real Madrid. Pada pekan Barcelona mengalahkan Granada dan memenangkan gelar La Liga ke-24 dengan Real Madrid mengambil tempat kedua.

Klasemen Akhir:

  • FC Barcelona 91 poin, 38 pertandingan
  • Real Madrid 90 poin, 38 laga

Musim 1991/1992, Barca vs Madrid vs Atletico

Ini juga adalah salah satu musim paling ketat. Musim 1991/1992 dimulai secara meyakinkan untuk Atletico dan terlebih lagi untuk Real Madrid, yang memenangkan 12 dari 13 pertandingan pertama mereka. Pesaing gelar mereka Barcelona memiliki awal musim yang buruk, kalah tiga kali dari 8 pertandingan perdananya.

Akan tetapi, pada pertengahan musim, Atletico mulai goyah dan sepertinya Real Madrid akan menjadi juaranya. Tapi kemudian Atletico memenangkan 7 pertandingan berturut-turut dan Barcelona hanya kehilangan 3 poin dari 30 pertandingan berikutnya.

Harapan gelar Atletico mendapatkan pukulan berat ketika mereka melepaskan keunggulan 2-1 melawan Real Madrid untuk kalah 2-3. Namun, Real Madrid kemudian kehilangan poin melawan Osasuna dan Real Oviedo, membawa perburuan gelar ke minggu terakhir.

Menjelang pertandingan terakhir, Barcelona tertinggal satu poin dari Real Madrid. Barcelona memenangkan pertandingan terakhir mereka tetapi Real Madrid kalah dari Tenerife 2-3 dan dipaksa menyerahkan gelar kepada Barcelona.

Klasemen Akhir:

FC Barcelona 55 poin, 38 pertandingan
Real Madrid 54, 38 games
Atletico Madrid 53, 38 laga

Musim 1992/1993, Barcelona vs Real Madrid

Ada perasaan deja vu pada musim 1992/93 saat pertandingan terakhir musim itu berlangsung dengan Barcelona tertinggal satu poin dari Real Madrid. Tampaknya Los Blancos akan mengangkat gelar dan akan memainkan pertandingan terakhir mereka – ironisnya – melawan Tenerife yang menggagalkan gelar mereka pada hari terakhir musim sebelumnya, musim 1991/1992.

Mengejutkan semua orang, Tenerife kemudian mengalahkan Los Merengues 2-0, dan dengan FC Barcelona mengalahkan Real Zaragoza 1-0, dan Blaugrana memenangkan trofi puncak Liga Spanyol itu dengan cara yang mirip seperti musim sebelumnya.

Klasemen Akhir:

  • FC Barcelona 58, 38 laga
  • Real Madrid- 57, 38 pertandingan