Barcelona Rekrut Kembali Pemainnya yang Enam Tahun Lalu Hengkang ke PSG

Gilabola.com – Barcelona rekrut kembali pemainnya yang enam tahun lalu memutuskan pindah ke PSG.

Pemain itu, Kays Ruiz, kini kembali menjadi pemain Barca. Klub Catalan itu sudah mencapai kesepakatan secara resmi pada hari Senin (12/7) waktu setempat.

Barca amankan jasa pemain yang baru berusia 18 tahun itu hingga tahun 2024, dengan opsi perpanjangan dua musim berikutnya. Hal ini tentunya peluang pasar yang tak bisa ditolak Barca setelah pemain itu tinggalkan PSG.

Advertisement

Kays Ruiz bermain di Barcelona antara tahun 2009 hingga 2015, namun putuskan untuk gabung PSG. Kini, pemain yang didatangkan Blaugrana dari Lyon itu akan memperkuat tim B asuhan Sergi Barjuan.

Pemain asal Prancis ini dipersenjatai dengan klausul pelepasan sebesar 50 Juta Euro yang akan meningkat menjadi 100 Juta Euro, jika ia menjadi pemain skuad utama. Demikian diungkapkan Sport.

Kays tahu betul apa artinya mendapatkan menit bermain di antara pemain sepak bola papan atas, di mana PSG telah memberinya debut pada musim lalu. Apalagi Kays merupakan seorang gelandang serang yang juga bisa tampil di sayap kiri, dan ia dikenal sebagai seorang dribbler yang bagus.

Ditambahkan The Hard Tackle, pada tahun 2015 Kays Ruiz terpaksa tinggalkan La Masia setelah Barcelona terkena sanksi FIFA terkait perekrutan pemain di bawah umur secara ilegal. Keputusannya untuk pindah ke PSG terbukti tepat, karena ia mendapat kesempatan lebih besar untuk buktikan kemampuannya dan lebih cepat berkembang.

Ruiz-Atil sudah bermain di tim senior PSG musim lalu, tepatnya pada bulan September 2020 saat Les Parisiens masih diasuh Thomas Tuchel. Gelandang serang muda usia ini bahkan muncul dalam enam pertandingan, meskipun akhirnya tersingkir dari tim senior di bulan Desember karena menolak untuk teken kontrak baru. PSG sendiri sangat menyukai permainannya dan semula berharap Kays mau bertahan di Parc des Princes.

Pemain bernama lengkap Kays Ruiz-Atil itu kemudian berstatus bebas transfer pada 30 Juni 2021, saat kontraknya di PSG secara resmi berakhir.  Di saat ia juga menjadi incaran Chelsea – yang kini diasuh bekas pelatihnya di PSG, Barcelona justru mendapat kesempatan untuk mendatangkannya musim panas ini.

Kini Kays menjadi tambahan terakhir di tim B Blaugrana, setelah mereka datangkan Ferran Jutgla dan Yusuf Demir, yang tiba dari Rapid Vienna dengan status pinjaman dan memiliki opsi permanen pada tahun depan. Barca juga datangkan Jordi Escobar dari Almeria lewat kesepakatan yang sama dengan Demir.