Barcelona Rugi Trilyunan Rupiah Atas Kepergian Lionel Messi ke Paris Saint-Germain

Gilabola.com – Keluarnya Lionel Messi dari Camp Nou akan sangat merugikan bagi Barcelona tidak hanya dalam aspek olahraga di atas lapangan, tapi juga di luar lapangan. Bahkan nilainya mencapai trilyunan rupiah!

Kepergian Lionel Messi tentu saja akan meninggalkan kekosongan di starting XI asuhan Ronald Koeman yang kemungkinan besar tidak mungkin tergantikan, tetapi Barcelona juga akan merasakan dampak dari ketidakhadirannya di luar lapangan, meski tagihan gaji klub akan lebih longgar tanpa superstar Argentina itu.

La Pulga telah resmi mengucapkan salam perpisahannya dengan raksasa Catalan, mengakhiri 21 tahun waktunya di klub setelah masalah finansial dan struktural memaksanya harus gagal didaftarkan sebagai pungawa baru Blauragana, meski dia awalnya sudah setuju dengan kontrak baru dan pemotongan gaji 50 persen.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Kini menurut sebuah laporan oleh Brand Finance, kepergian Lionel Messi akan menurunkan nilai jual Barcelona sebesar 11 persen, yang berarti mereka bisa kehilangan Rp 2,3 Trilyun dari penilaian yang diberikan merek mereka pada tahun 2021.

Laporan sebelumnya untuk tahun 2021 mengatakan bahwa Barcelona hanya berada di belakang Real Madrid sebagai merek sepak bola paling berharga kedua di dunia, namun kepergian sang ikon klub akan mengakibatkan degradasi besar atas nilai pasar mereka.

Barcelona juga akan menderita kerugian di tingkat komersial, dengan jersey dan merchandise lainnya diperkirakan akan terjual jauh lebih sedikit tanpa LionelMessi. Ini dapat menyebabkan klub kehilangan sebanyak Rp 1,3 Trilyun dalam pendapatan komersial saja.

Real Madrid pun sudah pernah merasakan dampak besar dari kehilangan megabintang utama mereka saat kepergian Cristiano Ronaldo ke Juventus pada 2018 membuat raksasa ibukota Spanyol kehilangan 19 persen dari nilai pasar klub.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO