Barcelona Sudah Semakin Tua, Inilah Pengganti Messi, Busquets, Pique

Barcelona Sudah Semakin Tua, Inilah Pengganti Messi, Busquets, Pique

Tahun lalu Luis Suarez mengejutkan dengan mengingatkan bahwa Barcelona sudah semakin tua dan meminta manajemen serius cari pemain-pemain muda yang akan menggantikan para pemain senior.

Tanpa menjadi ngos-ngosan dalam perebutan gelar juara musim 2019/2020 yang tengah dihentikan ini saja, Barcelona sudah semakin tua untuk musim baru 2020/2021. Lionel Messi akan berusia 33 tahun bulan Juni nanti, juga Luis Suarez dan Sergio Busquets (32) serta pagar di lini belakang Gerad Pique (33). Mereka berempat, yang boleh dibilang empat pilar Barca selama ini, sudah memasuki usia yang dipandang mendekati pensiun.

Sang pemain Uruguay Luis Suarez yang memulainya tahun lalu, mengingatkan manajemen untuk mencari pengganti yang jauh lebih muda. Tapi itu sangat jauh lebih mudah untuk dikatakan daripada dilakukan. Lihat bagaimana sulitnya mereka menemukan pengganti Gerard Pique.

Sejauh ini hanya Clement Lenglet yang bisa mengimbangi Pique di depan penjaga gawang Marc-Andre ter Stegen. Sementara Samuel Umtiti yang semula lebih dijagokan malah sekarang dalam tanda tanya besar. Yerry Mina sudah gagal dalam posisi itu, sedangkan pemain muda Jean-Clair Todibo sedang mencari menit bermain di Bundesliga dan mungkin akan selamanya di Liga Jerman jika Schalke 04 mengambil opsi untuk membuatnya permanen.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Di posisi gelandang, mantan pemain Ajax Amsterdam Frenkie de Jong sepertinya akan menjadi penerus alamiah untuk Sergio Busquets, meski pemain Belanda itu kini beroperasi pada posisi yang sedikit lebih ke depan daripada Busquets.

Sedangkan untuk Luis Suares, Blaugrana sudah mendapatkan Antoine Griezmann, meski sebenarnya ia diplot untuk menggantikan Neymar daripada sang bintang Uruguay. Sementara itu untuk La Pulga, semua orang meragukan siapa pun akan berhasil mengisi tempatnya yang tak tergantikan sampai hari ini. Neymar mungkin akan ditarik pulang meski peluangnya cuma 50:50.

Bukan saja harganya sangat mahal dengan PSG akan meminta tebusan di atas Rp 2 Trilyun, tapi juga Neymar sudah meninggalkan rasa sakit hati pada para petinggi Barca karena pemain Brasil itu mengajukan tuntutan perdata ke pengadilan untuk bonusnya yang tak kunjung dibayarkan. Kecil kemungkinan direksi Barcelona mau menerima Neymar kembali ke Camp Nou.

Musim Liga Spanyol saat ini tengah dihentikan akibat situasi memburuk yang membayangi seantero Eropa, yang dimulai pada pekan pertama Maret, dan belum menunjukkan tanda-tanda membaik. Barcelona menduduki posisi pertama klasemen La Liga dari 27 pertandingan dengan 58 poin, dua di atas Real Madrid.