Barcelona Tanpa Kiper Barunya Lima Pekan

Gilabola.com – Barcelona kehilangan kiper barunya, Neto, yang harus absen selama lima pekan akibat patah tulang lengan.

Pemain asal Brazil itu alami cedera berat pada lengan kirinya di sesi latihan terakhir sebelum pertandingan Napoli akhir pekan kemarin. Ia langsung jalani serangkaian pemeriksaan, dan klub sampaikan pengumuman mengenai kondisi terakhirnya.

Hal itu tentu saja menjadi kenyataan buruk bagi penjaga gawang berusia 30 tahun tersebut, yang tampil mengesankan sepanjang pramusim lalu. Neto tetap tunjukkan penampilan apiknya, meski jelas-jelas ia hanya menjadi pilihan kedua bagi Marc-Andre ter Stegen.

Diungkapkan Sport, Neto sendiri menjadi salah satu dari tiga pemain baru yang didatangkan Barça pada musim panas ini, setelah sebelumnya berlaga di Valencia. Kedua tim sepakat lakukan pertukaran kiper, setelah Jasper Cillessen putuskan gabung  Los Che di awal bursa musim panas.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Barcelona dikabarkan resmi datangkan Neto dari Valencia pada akhir Juni lalu. Ia ditransfer dengan harga awal sebesar 26 juta Euro (420 miliar Rupiah), plus 9 juta Euro (145 miliar Rupiah) sebagai tambahan.

Neto gabung jawara La Liga itu dengan kontrak empat tahun, di mana dia menjadi pengganti langsung Cillessen yang sudah bergabung dengan bekas klubnya, dengan nilai transfer 35 juta Euro atau sekitar 565 miliar Rupiah.

Kesepakatan Neto akan membuat pemain berusia 29 tahun tersebut membela Barca sampai akhir musim 2022/23. Klausul pembeliannya sendiri telah ditetapkan sebesar 200 juta euro atau sebesar 3,2 triliun Rupiah.

Neto sudah tampil dalam 47 pertandingan yang dilakoni Valencia di semua kompetisi musim lalu, di mana ia berhasil menjaga 10 clean sheet di klub tersebut. Dia juga membantu Los Che finis di posisi empat besar dan lolos ke Liga Champions musim depan.

Rencana kedatangan Neto ke Barcelona memang sudah santer terdengar sejak beberapa lama. Gantinya, Barca mengirim Cillessen ke klub tersebut, setelah sebelumnya kiper Belanda ini santer dikabarkan akan pindah ke Liga Premier.

Namun, kesepakatan antara klub ini secara teknis tidak akan menjadi kesepakatan pertukaran pemain antara Neto dan Cillessen. Semula, Neto dikabarkan akan lebih dulu teken kontrak untuk Barça, yang kemudian diikuti Cillessen yang akan menutup proses kepindahannya ke Valencia. Namun, pada kenyataan kontrak kedua pemain dilakukan dalam waktu yang hampir bersamaan.

Rencana ini memang sengaja dilakukan Barcelona, dengan tujuan agar transaksi dihitung secara teknis untuk musim yang berbeda. Neto akan pindah sebelum musim ini berakhir, yakni pada 30 Juni, dan transfer Cillessen akan menjadi bagian dari anggaran musim 2019/20 yang akan dimulai pada 1 Juli.