Barcelona Tanpa Ousmane Dembele di Awal Musim Usai Cedera untuk Ke-12 Kalinya

Gilabola.com – Barcelona mendapat masalah besar setelah Ousmane Dembele cedera untuk ke-12 kalinya dan harus jalani operasi yang akan membuatnya absen empat bulan.

Prospek Dembele di Camp Nou mungkin berubah secara signifikan, setelah dia dinyatakan harus jalani operasi menyusul cedera terakhir yang dialaminya bersama Timnas Prancis – cedera ke-12 yang dialami bintang berusia 24 tahun itu sejak ia datang ke Catalan pada tahun 2017.

Diungkapkan Mirror, rekor cedera Ousmane Dembele yang selama ini sudah buruk telah berubah menjadi lebih serius saat mantan winger Dortmund itu harus menepi di sisa ajang Euro 2020 dan jalani masa pemulihan hingga empat bulan lamanya.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Bintang Barcelona itu hanya bermain selama setengah jam saat Timnas Prancis bermain imbang 1-1 melawan Hongaria pada Sabtu akhir pekan lalu. Ia alami cedera dan harus diganti setelah ia dimainkan sebagai pemain pengganti pada menit ke-57, kini Dembele harus jalani operasi.

“Setelah lakukan beberapa pemeriksaan pagi ini terhadap kondisi Ousmane Dembele, dikonfirmasikan bahwa dia alami dislokasi otot biseps di lutut kanannya, yang harus jalani pembedahan,” demikian pernyataan resmi Barca.

“Ia sudah menepi dari Timnas Prancis yang tengah bertarung di Euro 2020, demikian dikonfirmasikan tim Prancis awal pekan ini,” lanjut pernyataan tersebut.

Dalam perjalanan karirnya yang tersendat-sendat sejak hijrah ke Barcelona dengan transfer sebesar Rp 1,9 Trilyun dari Borussia Dortmund, cederanya kali ini menjadi pukulan terpahit bagi Dembele. Pasalnya, cedera ini telah membuatnya harus jalani gambaran karir yang sama seperti di awal musim 2020/21.

Lalu, dengan merebaknya berbagai spekulasi mengenai masa depannya di Catalan, kondisi ini bahkan terjadi di waktu yang tak tepat dan membuat situasinya menjadi lebih buruk.

Di sinilah neraka cedera kembali dialaminya di Spanyol, di mana masalah terakhirnya ini membuat dia mendapat gambaran yang lebih besar di Camp Nou.

Tak Ada Duanya

Sulit untuk benar-benar mengategorikan di mana Dembele bertugas di skuad Barcelona sejauh ini berada.

Ia cukup cepat alami cedera, bahkan beberapa saat setelah ia teken kontrak di Camp Nou, Dembele langsung naik meja operasi. Saat itu, ia bahkan baru bermain kurang dari setengah jam dan cedera parah karena tenden pahanya yang pecah.

Cedera tersebut kemudian membuatnya harus absen sampai bulan Januari, sebelum ia kembali alami masalah otot dan harus menambah masa rehabilitasinya selama satu bulan.

Pada akhir musim 2017/18, Dembele total hanya bermain dalam 23 pertandingan untuk Barcelona, sebelum bergabung dengan Timnas Prancis untuk Piala Dunia 2018. Namun, itu rencana semula sebelum ia alami keseleo engkel.

Musim berikutnya, Dembele mengawalinya dengan penuh semangat, di mana ia berhasil mencetak lima gol dalam enam pertandingan pertamanya saat Barca mulai merasa akan menuai hasil dari investasi besar mereka.

Masalah lainnya datang setelah ia bukukan delapan gol dalam 14 pertandingan yang digelar menjelang Natal dan di bulan Januari. Saat itu, di laga terakhirnya ketika itu, melawan Leganes, Dembele harus tinggalkan lapangan dalam kondisi engkel yang terkiri.

Tiga pekan absen, empat pekan bermain, lalu ia kembali cedera, kali ini cedera paha yang membuatnya absen satu bulan. Musim yang dilakoni Dembele umumnya masih sukses, tapi kerap berakhir dengan kekecewaan. Kali ini, ia alami cedera hamstring, hingga harus melewatkan leg kedua semi-final Liga Champions saat Barcelona harus tandang ke markas Liverpool, sebelum absen lagi di final Copa Del Rey kontra Valencia.

Masalah serupa juga melanda di musim berikutnya, di mana Dembele alami cedera di pertandingan pertama, hingga ia kembali harus absen, bahkan hingga lima pekan.

Dia berhasil menjaga kebugarannya dalam delapan penampilan, saat musimnya kembali harus berakhir dengan dua cedera paha, yang akhirnya membuat pemain yang dijuluki Mosquitos ini absen hingga bulan Agustus.

Saat dia berada di lapangan, Dembele diagung-agungkan sebagai salah satu bintang di tim Barcelona. Masalahnya adalah, kepiawaian yang ditunjukkan tidak sesering yang diinginkan klub.

Saat ini, Barca sudah kehilangan kesabaran dan semakin frustrasi, bukan hanya terkait ‘wabah cedera’ Dembele, tapi juga sikapnya di luar lapangan. Namun, setelah terhindar dari upaya transfer yang dilakukan klub walau ia sangat diminati Manchester United, harapan baru datang pada sosok pelatih Ronald Koeman.

Fit lagi dan kembali bersinar, Dembele menikmati permainannya di musim 2020/21, di mana ia tampil dalam 44 pertandingan dan mencetak 11 gol. Ini menjadi catatan statistik yang terbaik sejak ia gabung Blaugrana.

Namun walaupun Koeman senang dengan kontribusi yang ditunjukkannya, namun Dembele kembali alami cedera di Timnas Prancis pada Euro 2020 bulan ini. Ia harus naik meja operasi dan dipastikan absen hingga empat bulan, termasuk di awal musim depan. Ini menjadi cedera ke-12 yang dialaminya di Barcelona sejak tahun 2017, dan membuat karirnya di tim Catalan itu kembali dipertanyakan.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO