Barcelona Tawarkan Beknya ke Manchester City

Gilabola.com – Barcelona mulai bersih-bersih jelang dibukanya bursa transfer musim panas. Tim Catalan itupun tawarkan beknya ke raksasa Inggris, Manchester City.

Menurut laporan Anfield Central, seperti yang dilansir Mancity Square, pemain bertahan Barca Samuel Umtiti telah ditawarkan ke sejumlah klub elit Eropa dengan harga hanya 6 Juta Poundsterling.

Manchester City pun menjadi salah satu klub di antaranya, dan Barca sangat berharap bisa melepas bek tengah asal Prancis tersebut pada musim panas ini.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Umtiti gabung Barcelona dari Lyon pada musim panas tahun 2016, saat ia masuk sebagai salah satu bek muda papan atas di dunia sepak bola. Umtiti yang kini berusia 27 tahun itu awalnya sangat menikmati karirnya yang sukses di Camp Nou, di mana ia tampil menawan di dua musim pertamanya.

Namun segalanya berubah dan terus menurun sejak ia kembali dari Piala Dunia 2018 di Rusia, saat Umtiti ikut membawa Prancis menjadi juara di ajang empat tahunan tersebut. Ia alami serangkaian cedera dalam beberapa tahun terakhir di Barca, hingga ia hanya tampil dalam 131 pertandingan di semua kompetisi sejauh ini.

Channel Gilabola di Youtube

Kini, tampaknya karir Umtiti di Barcelona akan segera berakhir. Agen yang mewakilinya juga telah menawarkan jasanya ke sejumlah klub papan atas Eropa. Sedangkan City, musim ini telah bukukan rekor terbaik di lini belakang skuadnya di Liga Premier di mana tim asuhan Pep Guardiola itu hanya kebobolan 24 gol dalam 34 pertandingan.

Pemain bertahan yang didatangkannya pada musim panas tahun lalu, Ruben Dias, telah mengubah lini belakang City, di mana ia selalu tampil konsisten dan berhasil membangun kemitraan yang solid dengan John Stones.

Namun, kebangkitan Stones sejauh musim ini telah ‘memakan korban’. Ia telah membuat Aymeric Laporte kehilangan posisinya di starting lineup skuad Guardiola, walau Laporte telah mencatatkan 26 penampilan di semua kompetisi sampai saat ini.

Lalu, rekrutmen musim panas dari Bournemouth, Nathan Ake, harus alami masalah di musim debutnya di Etihad Stadium. Pasalnya, ia alami cedera yang membuatnya harus mendekam di ruang perawatan dan gagal menunjukkan kemampuannya bersama City.

Lalu, ada pula pemain muda, Eric Garcia, yang tak banyak bermain musim ini dan akan lepas kontrak pada bulan Juni 2021. Garcia pun santer diberitakan akan kembali ke Barcelona dengan status bebas transfer di musim panas ini.

Potensi hengkangnya Eric Garcia pada akhir musim ini akan membuat Guardiola hanya memiliki empat bek tengah, yakni Stones, Dias, Laporte dan Ake. Namun, opsi di jantung lini belakang City itu tak cukup untuk sebuah tim yang akan terus berusaha menjadi yang terdepan di musim baru.

Guardiola pun didesak untuk datangkan seorang bek tengah baru – dan ini menjadi prioritasnya, di bursa transfer mendatang.┬áNamun, arsitek klub asal Spanyol itu harus bisa menghindari masalah pada Umtiti, karena catatan cederanya yang buruk di Barcelona.

Umtiti barangkali memang bek berpengalaman dengan catatan internasional yang solid, tapi ia kurang bugar dan penampilannya belakangan ini terus menjadi sorotan. Umtiti bukan lagi pemain seperti dulu, yang seharusnya cukup bagi Guardiola untuk mencari opsi lain demi memperkuat kedalaman lini belakang skuadnya di musim depan.

AHABET
AHABET