Barcelona Tenang Godok Kontrak Baru Ansu Fati Karena Klausul Rahasia Ini

Gilabola.com – Barcelona tenang saat berusaha pertahankan Ansu Fati sebelum musim ini berakhir, karena ada klausul rahasia dalam kontrak lama pewaris jersey Lionel Messi tersebut.

Pada 4 Desember 2019, Barca mengumumkan pemain itu telah tanda tangan kontrak baru yang berlaku hingga tahun 2022, dengan opsi perpanjangan dua tahun lagi. Klausul sementara naik menjadi Rp 2,8 Trilyun, yang kemudian akan meningkat lagi menjadi Rp 6,7 Trilyun saat dia secara resmi dipromosikan ke skuad utama.

Adapun mengenai perpanjangan dua tahun tersebut, Barca tak berikan rincian lebih detil. Namun, Sport ungkapkan isi klausulnya dengan tepat – sebuah klausul yang akan memberi ketenangan kepada Blaugrana saat mereka berusaha mempertahankan pemain tersebut sebelum musim ini berakhir.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Bagaimanapun, harus dijelaskan bahwa niat Barcelona adalah mencapai kesepakatan yang bersahabat dengan agen pemain Jorge Mendes – yang mewakili Ansu Fati, dan memuaskan semua pihak. Klub Catalan itu merasa Ansu merupakan pemain kunci mereka di masa datang, itu pula sebabnya klub menyerahkan jersey nomor 10 Messi kepadanya.

Saat ini, pembicaraan kontrak baru pemain itu masih terus dilakukan, dan sejauh ini berjalan dengan baik. Barca siap bertaruh besar pada Ansu, walau ada kekhawatiran setelah pemain itu jalani empat kali operasi cedera lutut tahun lalu.

Rencananya, Barca ingin segera mencapai kesepakatan dengan sang pemain, lalu dengan Mendes, selaku agen. Namun, Barca merasa tenang karena ada ‘klausul rahasia’ dalam kontrak lamanya yang berlaku saat ini.

Dalam kontrak itu disebutkan, ‘Barcelona punya hak untuk memperpanjang kontrak Ansu Fati secara sepihak, untuk dua musim ke depan atau hingga bulan Juni 2023, di mana pemain yang bersangkutan akan mendapat pemberitahuan mengenai keputusan itu paling lambat pada 15 Juni 2022’.

Disebutkan pula, Barca bisa ‘membayar Ansu Fati sebesar Rp 930 Juta untuk memberi pengakuan hak sepihak ini (kepada klub), paling lambat 31 Oktober 2020, terlepas dari apakah perpanjangan itu akan terwujud atau tidak’.

Barca sendiri sudah lakukan bagian itu, dan bayarkan Rp 930 Juta tersebut untuk mempertahankan opsi memperpanjang kesepakatan Ansu Fati secara sepihak. Kini, klub punya waktu untuk menggodok kesepakatan baru dengan sang pemain, sebelum 15 Juni 2022.

Meski sudah ada tenggat waktu tersebut, namun Barcelona berharap tak akan berlama-lama hingga selama itu. Pasalnya, Ansu dinilai sebagai pemain penting dan mengumumkan kontrak baru wonderkid Timnas Spanyol ini akan menjadi dorongan moral kepada skuad anggota skuad di Camp Nou.

Peran Rodrigo Messi
Negosiasi dalam kontrak Ansu Fati yang masih berlaku saat ini dilakukan agen sebelumnya, Rodrigo Messi. Kakak Lionel Messi itu memberi prioritas kepada Barca ketika sang pemain mendapat tawaran yang jauh lebih besar untuk pergi.

Itu terjadi di selama periode ketika Ansu Fati pertama kali menerobos skuad utama, dan Rodrigo menasehati Ansu – ketika itu masih berusia 17 tahun, bahwa terus melanjutkan karirnya bersama Blaugrana adalah pilihan terbaik untuk perkembangannya sebagai seorang pemain sepak bola.

Barcelona juga sangat berharap, kesepakatan bisa tercapai tanpa harus menggunakan klausul tersebut. Itu menjadi tujuan utama, tapi juga untuk menghindari kemungkinan masalah ini maju ke pengadilan.

Interpretasi Jorge Mendes tentang aturan FIFA adalah, seorang pemain yang masih berusia di bawah 18 tahun tak bisa teken kontrak lebih dari tiga tahun, bahkan dengan klausul yang mengaktifkan tahun-tahun berikutnya setelah pemain itu berusia 18 tahun. Namun, Barca berpendapat, hukum Spanyol mengijinkan jenis kontrak ini. Barça pun berharap pembacaan hukum mereka tentang situasi ini tak akan dibutuhkan.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO