Barcelona Terus Cari Pelatih Baru Setelah Ditolak Xavi dan Koeman

Barcelona Terus Cari Pelatih Baru Setelah Ditolak Xavi dan Koeman

Gilabola.com – Barcelona terus bekerja mencari pelatih baru setelah mereka ditolak dua mantan bintangnya, Xavi Hernandez dan Ronald Koeman.

Kekalahan Blaugrana dari Atletico Madrid di semi-final Piala Super Spanyol telah mendorong mereka untuk mencari pengganti Ernesto Valverde. Ini terus mereka lakukan walaupun sudah dua kali ditolak dua pelatih yang semula digadang-gadang bakal jadi pelatih Barca di masa depan.

Pertama, Oscar Grau dan Eric Abidal telah bertemu Xavi Hernandez di Doha, Qatar, Jumat (10/1) lalu. Kedua petinggi Blaugrana itu tawarkan kesempatan pada Xavi untuk mengambil alih tugas pelatih kepala di Camp Nou, sekarang.

Semula dirasakan Barca baru akan berusaha datangkan Xavi pada akhir musim ini. Tapi, situasi di sekitar Valverde saat ini mendorong raksasa Catalan itu untuk tawarkan pekerjaan pada mantan bintangnya tersebut, saat ini juga.

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Namun Xavi menolak kesempatan itu. Sebelumnya, juga ada Ronald Koeman yang menolak tawaran dari Barca untuk menggantikan Valverde sekarang. Mantan bek Blaugrana itu bertekad untuk memimpin Timnas Belanda ke Piala Dunia 2020 dan tak mau melewatkan kesempatan tersebut untuk kembali ke Camp Nou.

Opsi lainnya untuk Barcelona adalah, mempromosikan pelatih tim B Xavi Garcia Pimienta untuk memimpin skuad utama di sisa musim ini.

Lalu, diungkapkan RAC1 yang dilansir Marca, nama Mauricio Pochettino pun masuk sebagai salah satu calon pelatih Barca saat ini.

Satu hal positif dari Pochettino adalah, hubungan baiknya dengan Sekretaris Teknis Barca, Ramon Planes. Namun sebagai kandidat jangka pendek, nama Quique Setien tampaknya menjadi yang paling mudah diakses.

Mantan pelatih Las Palmas dan Real Betis itu sering dikaitkan dengan transfer pelatih ke Blaugrana, karena gaya permainan sepakbolanya yang ekspansif (luas) dan mendominasi pertandingan.

Setien saat ini juga tengah menganggur setelah ia tinggalkan Real Betis pada akhir musim 2018/19.

Lalu, Barcelona juga dikaitkan dengan nama Massimiliano Allegri yang juga tersedia setelah ia tinggalkan Juventus di akhir musim lalu. Tapi, tampaknya dia tak mungkin menerima kontrak jangka pendek.

Jika Barca putuskan untuk mengejar lebih banyak mantan pemain mereka, pelatih Estudiantes Gabi Milito dan pelatih Montreal Impact, Thierry Henry, juga masuk di dalamnya.

Selain itu ada pula pelatih Ajax, Erik ten Haag, Marcelo Gallardo dari River Plate, dan Roberto Martinez yang saat ini mengasuh Timnas Belgia, yang semuanya telah dikaitkan dengan pekerjaan tersebut.

Siapapun yang dikejar Barca, jelas bahwa mereka telah kehilangan kepercayaan pada Ernesto Valverde, dan hari-harinya sebagai pelatih kepala di Camp Nou tinggal menghitung hari.