Betapa Kayanya Real Madrid Terlihat Dari Lokasi dan Fakta Stadion

Betapa Kayanya Real Madrid Terlihat Dari Lokasi dan Fakta Stadion

Betapa kayanya Real Madrid dibandingkan tiga tim Liga Spanyol asal kota Madrid lainnya terlihat dari lokasi stadion dan fakta stadion.

Hanya ada empat tim dari ibukota Spanyol yang ikut serta dalam Liga Spanyol musim 2019/2020 ini. Mereka adalah Real Madrid, Atletico Madrid, Leganes dan Getafe. Tahun lalu masih ada Rayo Vallecano yang musim ini terdepak ke divisi kedua.

Jika Anda melihat sebaran stadion-stadion di kota Matropolitan Madrid pada peta di bawah ini maka terlihat betapa kayanya Real Madrid. Lihat empat titik biru di dalam peta tersebut.

Bukan saja Estadio Santiago Bernabeu mendominasi dengan berlokasi di tengah-tengah metropolitan. Posisinya kini hanya tersaingi oleh stadion baru milik Atletico, Wanda Metropolitani yang berjarak kira-kira enam kilometer ke sisi timur kota. Tapi itu jarak lewat udara atau berjalan kaki. Jika ditempuh dengan mengendarai mobil, jaraknya melambung menjadi 13 kilometer karena harus melalui jalan tol.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Dua stadion lain yang terpencil di sebelah selatan kota Madrid itu adalah milik Leganes (sebelah kiri) dan Getafe di sisi timurnya. Jarak keduanya hanya terpisah kira-kira empat kilometer. Masih bisalah jalan kaki selama kira-kira satu jam jika tandang. Menghemat ongkos sewa bus.

Tapi kesenjangan sosial antara Real Madrid dan Leganes serta Getafe bukan hanya terletak dari lokasi elit Bernabeu di dalam ibukota Spanyol tersebut. Kapasitas stadion yang pada gilirannya menyumbang penghasilan dari penjualan tiket juga bedanya jauh.

Stadion Santiago Bernabeu memiliki kapasitas 81.000 orang. Wanda Metropolitano dari skuad Diego Simeone bisa menyumbang uang tiket dari 68.000 orang. Tapi coba lihat betapa menyedihkannya stadion milik Leganes dan Getafe.

Estadio Butarque hanya memiliki kapasitas penonton 12.000 orang saja, sedangkan kandang Gatefe di Coliseum Alfonso Perez bisa menampung 17.000 orang. Jika Anda memiliki kesulitan membayangkan betapa sedikitnya itu maka bayangkan saja bahwa stadion lama Persib Bandung yang menumpang stadion milik TNI AD di Jalan Lombok itu berkapasitas 25 ribu orang zaman dahulu kala sebelum direnovasi menjadi bisa menampung 45.000 orang pada tahun 2011.

Mungkin perbandingan paling dekat soal kemampuan menampung massa dari stadion-stadion Leganes dan Getafe adalah Stadion Lebak Bulus yang kini sudah dibongkar. Pada masa jayanya dulu pintu-pintu stadion bisa menelan 12.500 orang. Sementara stadion Si Jalak Harupat yang kini menjadi kandang Persib Bandung memiliki kapasitas 27.000 orang.

Simak juga daftar tim-tim Liga Spanyol yang paling menderita jika harus menjalani laga-laga tandang, dan bagaimana posisi tim-tim Madrid saat mereka harus menjalani away.