Duo Barcelona Lebih Baik Tanpa Lionel Messi

Philippe Coutinho - Ousmane Dembele
Philippe Coutinho - Ousmane Dembele

Gilabola.com – Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho bermain lebih baik tanpa kehadiran superstar Barcelona Lionel Messi, klaim Guillem Balague.

Pemain asal Argentina Lionel Messi absen pada kemenangan Barcelona 2-0 atas Malaga pada hari Minggu (11/03) karena bersamaan dengan kelahiran anak ketiganya.

Sebagai pengantinya, Ousmane Dembele bermain sebagai starter untuk ketiga kalinya di La Liga pada laga tersebut sejak kedatangannya dari Borussia Dortmund musim panas lalu dengan biaya 142 juta pound (2,7 triliun rupiah).

Dan dia menunjukkan penampilan terbaiknya untuk raksasa Catalan – yang tetap tak terkalahkan di papan atas La Liga Spanyol dan unggul 8 poin dari posisi kedua – dengan performanya yang apik dan berpengaruh di sisi kiri dari trisula penyerang mereka.

Dia memberikan assist pada Philippe Coutinho untuk mencetak gol kedua Barcelona dan kepercayaan dirinya meningkat pesat saat ia lebih banyak menguasai bola dan memiliki kesempatan untuk berhadapan dengan lini belakang Malaga.

Advertisement

Sport yakin ketidakhadiran Lionel Messi telah memberikan kebebasan yang sangat besar pada pemain berusia 20 tahun itu untuk menyerang.

Guillem Balague, komentator sepak bola Spanyol untuk Sky juga bersikeras bahwa Philippe Coutinho, juga diuntungkan di sisi kanan tanpa kehadiran Lionel Messi yang merupakan pencetak gol terbanyak Barcelona itu.

“Kita melihat penampilan terbaik Ousmane Dembele, yang belum pernah kita lihat musim ini, saat melawan Malaga,” kata Balague pada Sky Sports.

“Itu dikarenakan Messi – yang absen dalam pertandingan karena menemani sang istri untuk melahirkan anak ketiganya – tidak ada di sana.”

“Dembele memiliki lebih banyak kebebasan untuk bergerak, masuk ke posisi sentral dan menghadapi pemain lain satu lawan satu. Dia membuat keputusan yang lebih baik dan telah menambah kedalaman tim. Tapi, umumnya, gaya Barcelona tanpa Messi terdorong ke arah itu.”

Balague percaya penampilan Dembele yang membaik juga berasal dari perubahan taktik yang dilakukan oleh manajer Ernesto Valverde.

“Dengan Iniesta dan Messi di tim, Barcelona terlihat bisa mengendalikan permainan,” tambahnya.

“Itu sesuatu Valverde lebih suka karena mendapat hasil terbaik dari Messi. Dan di situlah Dembele berjuang karena dia membutuhkan ruang untuk melakukan pekerjaannya dan menggunakan kecepatannya.”

“Absennya Messi menguntungkan orang seperti Dembele dan Coutinho. Dembele sangat baik, dia berlari dengan cepat dan mencoba menggiring bola melewati bek lawan, membuat lebih banyak keputusan yang benar daripada yang salah.”