Empat Pemain Barcelona Bersinar di Laga Timnas Spanyol Kontra Slovakia

Gilabola.com – Empat pemain Barcelona tampil gemilang untuk Timnas Spanyol saat mereka kalahkan Slovakia, 0-5, di laga terakhir Grup E Euro 2020, Kamis (24/6) dini hari tadi.

Diungkapkan Barca Universal, dalam laga yang harus dimenangkan skuad asuhan Luis Enrique, La Roja tunjukkan penampilan bintang lima melawan Slovakia yang tak punya jawaban atas kualitas mereka.

Walau gagal mengeksekusi penalti di menit ke-12, Spanyol akhirnya berhasil menyarangkan lima bola mereka ke gawang Slovakia dan sukses amankan tiket ke babak 16 besar Euro 2020.

Advertisement

Gol-gol yang dibukukan Pablo Sarabia, Ferran Torres dan Aymeric Laporte, serta dua gol bunuh diri pemain Slovakia, membantu Tim Matador amankan posisi kedua grup setelah sebelumnya skuad Enrique hanya meraih dua hasil imbang. Progres mereka untuk melaju di turnamen ini sempat dipertanyakan, namun tim yang pernah tiga kali menjadi juara Euro itu akhirnya berhasil melangkah lebih jauh.

Empat pemain Barcelona tunjukkan peranan penting mereka dalam kemenangan tersebut. Pedri Gonzalez dan Sergio Ramos tunjukkan permainan papan atas dan berhasil mendikte tempo permainan di lini tengah. Di waktu yang sama, Jordi Alba dan pemain anyar Barca, Eric Garcia, mendukung lini belakang dengan tak membiarkan tim lawan membangun serangan. Alba juga tetap tampil mengancam lawan, seperti biasanya.

Pedri bisa dikatakan sebagai pemain terbaik Timnas Spanyol di babak pertama, di mana ia berhasil lancarkan berbagai tekanan dan penguasaan bola yang tak henti-henti. Pemain yang baru berusia 18 tahun itu seolah berhasil menciptakan sesuatu yang istimewa, hampir setiap kali dia menyentuh bola.

Pedri juga tunjukkan kemampuan passing yang luar biasa, dan dia mungkin sedikit tak beruntung karena tak mendapat assist. Mantan pemain Las Palmas inipun berhasil membuktikan, mengapa ia menjadi bagian penting dari starting XI Blaugrana.

Lalu, Sergio Busquets yang baru sembuh dari sakit pekan lalu, juga tunjukkan permainan cerdasnya di laga tersebut, hingga ia dinobatkan sebagai Man of the Match karena penampilan gemilangnya di laga itu. Busquets berhasil mengatur permainan dari lini tengah dengan cara yang brilian seperti biasanya, di samping sodorkan dua umpan penting dan memenangkan lima dari tujuh duel.

Jordi Alba, menjadi pemberi assist dalam terciptanya gol ketiga Spanyol yang dibukukan Pablo Sarabia – sebuah gol yang juga melibatkan Pedri dan Busquets secara krusial dalam membangun serangan. Permainan melebar dan kedalaman yang ditunjukkan bek kiri Barcelona sekali lagi berikan peran penting bagi tim.

Dalam laga ini, Eric Garcia tampil sebagai starter bersama-sama Aymeric Laporte di jantung pertahanan skuad Luis Enrique, dan tetap solid hingga menit ke-71 sebelum ia memberi tempatnya pada Pau Torres. Pemain yang baru berusia 20 tahun itupun tercatat berhasil menyelesaikan 70 dari 73  operannya dengan tingkat keberhasilan hingga 96 persen.