Ernesto Valverde Butuh Luis Suarez dan Messi Perbaiki Posisinya di Barcelona

Ernesto Valverde Butuh Luis Suarez dan Messi Perbaiki Posisinya di Barcelona

Gilabola.com – Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, butuh Lionel Messi dan Luis Suarez untuk mengusir ‘hantu’ yang selalu membayangi posisinya di Camp Nou.

Untuk semua raihan gemilangnya di Barcelona, Valverde kerap kali dihakimi banyak kalangan untuk ‘satu hasil buruk’ yang diraih skuadnya di lapangan.

Advertisement
advertisement
advertisement
Dewa303
Dewa303

Musim lalu misalnya, saat Barcelona kalah 0-3 dari AS Roma yang membuat mereka tersingkir di Liga Champions karena kalah selisih gol tandang. Masalah ini kemudian terus-menerus diangkat dalam setiap konferensi pers usai laga tersebut.

Kini, sementara banyak yang ungkapkan soal fokus Manchester United bersama pelatih barunya, Ole Gunnar Solskjaer, dan semangat 1999, Valverde tampak tak mau menyia-nyiakan kesempatan ini. “Anda harus menulis takdir kita sendiri,” ujar Valverde.

Terus Ditanya Soal Kekalahan dari Roma

Sekali lagi, ia sempat ditanya mengenai kekalahan timnya dari Roma musim lalu – seperti yang juga dialami Valverde pekan lalu dan jelang pertandingan melawan Lyon di babak 16 besar. “Ada waktu di mana anda harus berhenti menyalahkan diri sendiri,” demikian tegas Valverde menjawab pertanyaan-pertanyaan menyesakkan tersebut.

Jelang laga leg kedua perempat final melawan Manchester United di Camp Nou, Valverde pun kembali ditanya apa yang sudah dipelajarinya dari kesalahan yang terjadi di Stadio Olimpico, April tahun lalu. Tapi, Valverde putuskan untuk bicara soal sulitnya pertandingan yang akan dilalui skuadnya tengah pekan ini.

Malam ini, kenangan mengenai kekalahan yang menyakitkan itu bisa dibuang: kalahkan Manchester United dan melaju ke empat besar, di mana itu akan dianggap sesuatu yang memuaskan di Eropa – apapun yang terjadi di fase berikutnya. Sukses Barca atas United dinihari nanti juga akan dinilai sebagai peningkatan yang terjadi dalam tiga musim terakhir, di mana Barca sebelumnya selalu keluar di perempat final.

Dipertanyakan Gol-gol Messi dan Suarez di Ajang Eropa

Namun, selalu muncul pertanyaan lain, di antaranya seperti kegagalan Lionel Messi untuk mencetak gol di perempat final Liga Champions sejak tahun 2013, di mana ia tampil total dalam 12 pertandingan. Padahal bintang asal Argentina itu dikenal lebih dari sekedar pencetak gol. Tapi ketidakmampuannya menceploskan bola di rangkaian pertandingan tersebut juga menjadi bagian dari masalah Barca di ajang Eropa.

Valverde juga dihujani pertanyaan mengenai Luis Suarez, yang tak lagi mencetak gol di kompetisi Eropa sejak 2015, bahkan belum juga mencetak satu gol pun baik di laga kandang maupun tandang musim ini.

Suarez memang nyaris mencetak gol kemenangan Barca atas United pekan lalu. Namun, sundulan kepalanya dibantu aksi bek MU, Luke Shaw, hingga Blaugrana raih kemenangan penting di Old Trafford.

Tapi di La Liga, kedua bintang asal Amerika Selatan itu telah berkontribusi pada 53 gol dari 81 gol yang dikoleksi Barca musim ini. Terdiri dari 33 gol milik Messi, dan 20 gol lainnya dibukukan Suarez.

Kali Ini Skuad Inti Sudah Diistirahatkan

Aspirasi Liga Champions Barca tentunya akan ditingkatkan jika mereka mencetak gol juga di kompetisi Eropa. Sementara Valverde, jelas-jelas telah belajar banyak dari bencana musim lalu. Saat itu, ia memilih tim yang kuat untuk hadapi Leganes di La Liga – hanya tiga hari sebelum laga kontra Roma.

Kali ini, Valverde telah mengistirahatkan hampir semua bintangnya saat Barca tandang ke Huesca akhir pekan lalu. Dalam pertandingan besar musim ini, pelatih berusia 55 tahun itu sudah benar: Barca memenangkan tiga dari empat laga El Clasico dan sekali imbang, lalu mereka kalahkan Tottenham Hotspur di Wembley dan Manchester United di Old Trafford, serta mengalahkan Atletico Madrid di Camp Nou dalam laga kunci di kompetisi lokal 10 hari lalu.

Untuk musim kedua berturut-turut, Valverde yang mantan pelatih Athletic Bilbao itu sedang dalam perjalanan untuk meraih gelar ganda domestik. Namun, kini ia berpeluang juga meraih tiga gelar sekaligus jika bisa melaju di Liga Champions, terutama jika Messi dan Suarez bisa mencetak gol dalam laga kontra United nanti, sementara Ousmane Dembele juga kembali bisa diandalkan di laga ini.