Ernesto Valverde Kantongi 50 Kemenangan di Barcelona

Liga Spanyol, Barcelona, Ernesto Valverde

Ernesto Valverde yang gantikan Luis Enrique sebagai pelatih kepala Barcelona pada Mei 2017, kini telah persembahkan 50 kemenangan untuk Blaugrana.

Jika dilihat kembali sekarang, satu setengah tahun kemudian, sulit untuk membantah bahwa masa jabatan Ernesto Valverde di Barcelona tidak berhasil, kecuali amati lagi angka-angka raihannya dengan cermat.

Dari Meragukan Menjadi Sukses

Musim lalu, era Ernesto Valverde di Barcelona dimulai dengan kekalahan 0-2 di Piala Super Spanyol dari rival abadinya, Real Madrid. Valverde kemudian memandu Barcelona lakoni penampilan terbaiknya di LaLiga, saat mereka menangkan sembilan dari 10 pertandingan pembuka di musim itu.

Advertisement
advertisement
advertisement

Dari situ, Barcelona menikmati beberapa hasil fantastis. Yakni, kemenangan 3-0 di Santiago Bernabeu dan kalahkan Sevilla 5-0 di final Copa del Rey menjadi salah dua penampilan terbaik Barca musim itu.

Meski demikian penting untuk tidak abaikan kekalahan 0-3 di kandang AS Roma pada ajang Liga Champions, setelah Barca memenangkan leg pertama 4-1.

Limapuluh Kemenangan

Barca berhasil memenangkan gelar juara LaLiga musim lalu, saat musim tersisa satu pertandingan lagi. Mereka kantongi 26 kemenangan dan delapan hasil imbang. Saat Barca menang 2-0 atas Inter Milan, Kamis (25/10), Valverde tepat kantongi 50 kemenangan sejak ia mengambil alih posisi pelatih di Camp Nou.

Bukukan Catatan Apik

Sejak Valverde dinobatkan sebagai manajer Barcelona, dia telah memandu 72 pertandingan di mana dia kantongi 50 kemenangan, imbang 16 kali dan hanya enam kali kalah.

Catatan ini patut dibanggakan, walau ada satu yang dinilai kurang. Yakni, Liga Champions, satu-satunya trofi idaman seluruh tim El Barca.

Dengan kemenangan 50 laga di bawah asuhan Valverde, ia berhasil menyelesaikan ‘Golden Anniversary’ sebagai pelatih Barcelona. Valverde sekarang harus hadapi tantangan lain, dan harus mainkan enam pertandingan tanpa Lionel Messi. Sejauh ini, Valverde baru memenangkan salah satu di antaranya tanpa kehadiran bintang asal Argentina itu, yakni laga kontra Inter Milan, Kamis (25/10) dinihari tadi.