Fakta El Clasico Ini Bikin Real Madrid Lebih Optimis Daripada Barcelona

El Clasico, Ivan Rakitic, Karim Benzema

El Clasico akan berlangsung Minggu malam dan fakta-fakta pertandingan berikut ini menyebabkan Real Madrid sedikit lebih optimistis daripada tuan rumah Barcelona. Fakta apa?

Jika diurutkan sejak kedatangan Lionel Messi ke skuad utama Blaugrana, Barcelona ternyata belum pernah bisa memenangkan El Clasico jika bintang Argentina itu absen. Hanya satu kali draw dan satu kekalahan sejak penampilan pertamanya melawan Los Blancos.

Messi absen setelah menderita retak tulang radial lengan kanan usai terjatuh secara canggung pada laga Liga Spanyol melawan Sevilla terakhir kali. Jadi ini akan merupakan laga El Clasico pertama tanpa Messi dan Cristiano Ronaldo, dengan sang bintang Portugal itu pindah ke Juventus musim panas kemarin.

Bukan hanya itu data yang meresahkan. Pelatih Barca Ernesto Valverde juga mengalami 12 kekalahan dari 20 laga liganya melawan Real Madrid (W6 D2) pada semua karirnya bersama Athletic Bilbao, Espanyol, Villarreal dan Valencia.

Fakta-fakta pertandingan El Clasico nanti malam

  • Barcelona berhasil mencetak gol dalam 21 laga liga terkininya melawan Real Madrid (48 gol). Jika mereka mencetak gol nanti malam maka Blaugrana menyamai catatan mencetak gol terbaik dalam sejarah El Clasico dalam kompetisi: Real Madrid (22 pertandingan) antara 1959 dan 1969.
  • Real Madrid tidak terkalahkan dalam tiga laga liga teranyarnya di Nou Camp (W1 D2). Dalam sejarah belum pernah empat El Clasico berturut-turut tak terkalahkan di sana.
  • Barcelona tidak terkalahkan dalam 41 laga liga di Nou Camp (W33 D8), rekor terlama mereka sejak Februari 1977 (67).
  • Real Madrid menderita kekalahan dalam dua laga La Liga terbarunya. Terakhir kali mereka kalah tiga pertandingan berturut-turut di kompetisi ini adalah pada Mei 2009 (lima laga).
  • Barcelona belum pernah berhasil memenangkan El Clasico tanpa kehadiran Lionel Messi (D1 L1) sejak penampilan pertamanya melawan Real Madrid.
  • Sebaliknya, Real pernah memenangkan dua pertandingan melawan Barcelona tanpa kehadiran Cristiano Ronaldo.
  • Striker Barcelona Luis Suarez telah mencetak enam gol liga melawan Real Madrid sejak debutnya musim 2014-15, lebih banyak dari pemain lain mana pun.
  • Kapten Real Madrid Sergio Ramos telah mencetak empat gol sundulan melawan Barcelona di ajang La Liga.
  • Manajer Barcelona Ernesto Valverde kalah 12 kali dari 20 laga liga melawan Los Blancos (W6 D2). Sebanyak 20 laga itu terjadi sejak ia mengelola Athletic Bilbao, Espanyol, Villarreal, dan Valencia.
  • Julen Lopetegui akan menjalani El Clasico pertamanya. Sebanyak lima dari enam manajer terakhir Real Madrid kalah dalam laga pertama El Clasico melawan Barcelona. Hanya Zinedine Zidane (2-1 di Nou Camp pada April 2016) berhasil menang.
  • Real Madrid telah mengumpulkan 14 poin dalam sembilan pertandingan pembuka La Liga mereka, rekor terburuknya sejak 2001-2002 (10 poin). Total gol mereka (13) dalam sembilan laga itu adalah yang terendah sejak 2004-2005.