Hari Bahagia Real Madrid, Melaju Sendirian di Puncak Liga Spanyol

Hari Bahagia Real Madrid, Melaju Sendirian di Puncak Liga Spanyol

Hari bahagia bagi Real Madrid dan Zinedine Zidane jatuh hari Senin (27/1) ini. Jika berhasil merebut tiga poin dari Real Valladolid maka Los Blancos akan melaju sendirian di puncak klasemen Liga Spanyol.

Real Madrid pada Senin (27/1) dinihari akan tandang ke Estadio Jose Zorrilla, yang berjarak 208 kilometer jauhnya ke sisi barat laut Santiago Bernabeu. Perjalanan dengan bus ke kandang Real Valladolid itu akan menempuh waktu dua jam dan lima menit seperti terlihat dari peta di bawah ini.

Los Blancos tentu saja difavoritkan menang. Bukan saja posisi mereka di klasemen menunjukkan perbedaan kualitas keduanya (posisi kedua dan 15 klasemen), tapi juga karena momentum tengah memihak pasukan Zinedine Zidane itu. Dalam lima laga terkininya Real Madrid menang lima dari lima. Sementara tim tuan rumah menang satu, imbang tiga dan kalah satu dari lima kesempatan.

Selain itu data head-to-head kedua tim dalam lima perjumpaan terkini juga memihak Los Merengues. Real Madrid menang tiga dan imbang dua dari lima perjumpaan lawan tim berjuluk Blanquivioletas tersebut. Laga terkini di Bernabeu pada 25 Agustus 2019 lalu memang usai dengan skor 1-1 tapi sebelumnya mereka menang 4-1 di Estadio Jose Zorrilla.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Itu merupakan sebuah titik balik dari tim asuhan Zidane usai 10 hari yang sangat kelam di akhir Februari 2019. Pada periode 10 hari sekitar awal Maret 2019 itu mereka kehilangan tiga kompetisi sekaligus: Copa del Rey, Liga Spanyol dan Liga Champions. Kemenangan 4-1 di kandang Valladolid menandai kebangkitan kembali Real Madrid sampai hari ini.

Kini untuk pertama kalinya dalam 100 hari terkini, Los Blancos bisa berkuasa sendirian di puncak klasemen Liga Spanyol, merupakan hari bahagia bagi Real Madrid. Terakhir kali mereka berkuasa sendirian di puncak klasemen adalah pada 19 Oktober, dengan satu kesalahan kecil saja terpeleset saat melawan Real Mallorca memberi kesempatan bagi Barcelona untuk menyalipnya.

Real Madrid sedang dalam rangkaian mengesankan akhir-akhir ini, menjalani 11 pertandingan tanpa kalah di ajang La Liga, yang jika diperpanjang menjadi 12 laga akan melihat mereka melompat ke posisi pertama. Saat ini kedua raksasa itu mencatatkan 43 poin. Sergio Ramos dan kawan-kawan akan menjauh tiga poin jika menang di Valladolid.

Barcelona sebenarnya memiliki kesempatan untuk menang dan menekan Los Blancos tapi malah kalah 2-0 di Valencia, sehingga sekarang bola berada di tangan Real Madrid. Jika pasukan Zidane menang di Valladolid, ini akan menjadi kabar gembira pertama setelah mengamankan trofi di Arab Saudi, kemenangan adu penalti melawan Atletico Madrid di final Supercopa de Espana.

Hingga Sabtu (26/1) dinihari, Barcelona berhasil menandingi 11 laga tak terkalahan dari Real Madrid, tetapi dua kesalahan dalam tiga pertandingan terakhir – seri 2-2 saat derby Catalan melawan Espanyol dan kemudian kalah di Mestalla – berarti mereka tak boleh lagi melakukan kesalahan. Mereka juga akan tandang ke Estadio Santiago Bernabeu untuk El Clasico kedua musim ini pada awal Maret.