Hasil Athletic Bilbao vs Barcelona: Anak Emas Koeman Sudah Cetak 4 Gol Bagi Blaugrana

Gilabola.com – Hampir saja Barcelona dipermalukan oleh Athletic Bilbao, setelah kehilangan bek senior Gerard Pique pada babak pertama laga di San Mames tersebut. Beruntung anak emas pelatih Ronald Koeman ini mencetak gol balasan jelang akhir, memaksa kedua tim puas dengan satu poin.

Memphis Depay, yang didatangkan secara gratis dari Olympique Lyon pada musim panas 2021, menyelamatkan nasib Barca dengan golnya menit 75 saat ia menyambut assist dari Sergi Roberto dan menyamakan skor 1-1 di kandang Los Leones, Minggu dinihari (22/8).

Itu merupakan gol keempat sang pemain Belanda setelah mencetak tiga gol pada tiga laga persahabatan berbeda pada kemenangan 3-1 atas Girona, kemenangan 0-3 di kandang VfB Stuttgart dan keunggulan 3-0 atas Juventus pada ajang Joan Gamper Trophy.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Sampai dengan pertengahan babak kedua itu, muncul kesan kuat bahwa jersey ungu muda yang dikenakan Barcelona saat tandang di San Mames ini akan membawa sial. Bek Gerard Pique terpaksa ditarik keluar saat pertandingan belum lagi memasuki menit 31 usai menderita benturan dengan pemain lawan dan digantikan oleh Ronald Araujo. Pique adalah salah satu kapten tim yang secara sukarela memotong gajinya agar budget klub cukup untuk memasukkan nama Eric Garcia dan Memphis Depay jelang musim baru Liga Spanyol ini dimulai.

Satu gol tunggal dari Inigo Martinez pada awal babak kedua membawa Athletic Bilbao unggl lebih dulu sebelum Depay melesakkan gol balasan 15 menit jelang akhir.

Klub asuhan Marcelino Garcia ini mengusung misi balas dendam untuk kekalahan 4-0 yang mereka derita terakhir kali di ajang final Copa del Rey, April 2021. Itu merupakan kekalahan kedua beruntun usai Inaki Williams juga dihentikan dengan skor 2-1 di ajang La Liga selang dua bulan sebelumnya.

Laga di kandang Los Leones ini merupakan pertemuan pertama usai Blaugrana ditinggal Lionel Messi, yang membangkitkan kenangan saat mereka menghabisi Barca dengan skor 2-3 usai perpanjangan waktu di ajang final Supercopa de Espana pada Januari 2021. Pada pertandingan itu Lionel Messi diusir keluar jelang akhir extra time setelah memukul pengawalnya, Asier Villalibre.

Total sudah lima pertemuan terjadi sepanjang tahun ini antara kedua tim ini, dengan klub bernama asli Athletic Club itu sudah mengambil banyak pelajaran dari kekuatan dan kelemahan tim asuhan Ronald Koeman.

Marcelino kembali menurunkan formasi favoritnya 4-4-2 dengan empat pemain bertahan berdiri sejajar, pada jarak sangat dekat dengan empat pemain tengah, membentuk formasi delapan pemain saat bertahan maupun menyerang. Mirip strategi menyerang bersama dan bertahan bersama yang dilakoni Liverpool.

Terbukti formasi itu sedikit banyak berhasil menahan Barcelona yang unggul 72 persen dalam hal penguasaan bola sampai pertengahan separuh kedua permainan di San Mames tersebut. Format delapan pemain itu mencegah Barca masuk menyerang melalui lini tengah, terlihat dari hanya satu tembakan on target saja dari babak pertama dan dua dari 45 menit kedua. Sial untuk tuan rumah, satu di antaranya berubah menjadi gol.

Sebenarnya tim tamu bisa saja menyelesaikan laga ini jauh lebih cepat. Pahlawan tim yang mencetak dua gol pada matchday pertama, Martin Braithwaite, membuang satu peluang emas saat laga belum lagi memasuki menit keenam, menyepak keras dan melambung tinggi dari jarak sekitar 7 meter saja.

Skuad Jordi Alba dan kawan-kawan akan menjamu Getafe pada pekan ketiga, 29 Agustus nanti, sedangkan Athletic Bilbao akan tandang ke Celta Vigo pada matchday yang sama.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO