Hasil Liga Spanyol: Lumat Barcelona, Real Madrid Kuasai Puncak Klasemen

Gila Bola – Real Madrid berhasil memenangkan laga El Clasico melawan Barcelona, kemenangan ini mengatarkan mereka ke puncak klasemen Liga Spanyol dan persaingan pun semakin terbuka!

Real Madrid berhasil mengantongi tiga poin yang sangat berharga usai memenangkan laga El Clasico saat menjamu Barcelona pada hari Minggu (11/4) dini hari tadi di Estadio Alfredo di Stefano.

Los Blancos menang 2-1 atas Barca dan kemenangan tersebut mengantarkan mereka memuncaki klasemen Liga Spanyol, untuk sementara menggusur Atletico Madrid yang sudah terlalu lama berkuasa musim ini. Atleti baru akan bertanding esok subuh melawan Real Betis.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Dua gol kemenangan Madrid dicetak oleh Karim Benzema saat babak pertama baru berjalan 13 menit, dan kemudian di menit ke-28 Toni Kroos berhasil menggandakan keunggulan tuan rumah. Barcelona baru bisa membalas di babak kedua menit ke-60 melalui gol Óscar Mingueza, bek muda Barca yang masih berusia 21 tahun.

Laga ini juga diwarnai dengan kartu merah Casemiro di penghujung laga usai melanggar Messi di menit-menit akhir laga demi mengamankan keunggulan mereka, wasit pun mengeluarkan kartu kuning kedua dan selanjutnya kartu merah.

Ini adalah tiga poin penting bagi Madrid yang kini memimpin LaLiga dengan poin head-to-head di atas Atletico yang baru akan bertandang ke Real Betis besok. Barca tetap di urutan ketiga, hanya tertinggal satu poin dari duo Madrid.

Dan jika dilihat dalam perspektif yang lebih luas, hasil ini menandai penurunan berkelanjutan Barca. Madrid telah mengalahkan mereka tiga kali berturut-turut untuk pertama kalinya sejak 1978, sementara Koeman menjadi manajer Barca pertama yang kalah dalam dua pertandingan liga pertamanya dari Madrid sejak Joaquim Rife pada 1980.

Madrid memenangkan dua El Clasico dalam semusim atas Barca sejak terakhir kali musim 2007/08 dengan sebuah kemenangan yang penuh kerja keras. Tim asuhan Zinedine Zidane tampil klinis di babak pertama, memanfaatkan kesalahan Barca dan unggul 2-0. Perubahan Barca ke formasi 4-3-3 mengubah permainan, dan mereka berhasil membalaskan satu gol melalui Mingueza tetapi tidak bisa mencetak gol yang lain. Pada akhirnya tendangan bebas yang dibelokkan Kroos terbukti menjadi pemenang.

Statistik Pertandingan Real Madrid vs Barcelona

  • Penguasaan Bola: 31% vs 68%
  • Total Tembakan: 14 vs 18
  • Sepak Pojok: 5 vs 6
  • Pelanggaran: 16 vs 10
  • Akurasi Tembakan: 21% vs 22%
  • Tembakan Diblokir: 5 vs 7
  • Tembakan ke Tiang Gawang: 1 vs 2
  • Akurasi Passing: 78% vs 89%
  • Akurasi Tekel: 56% vs 40%
  • Kartu Kuning: 1 vs 3
  • Kartu Merah: 1 vs 0

Susunan Pemain

  • REAL MADRID (4-3-3): Thibaut Courtois; Lucas Vazquez, Eder Militao, Nacho, Ferland Mendy; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Federico Valverde, Karim Benzema (c), Vinicius Junior. Cadangan: Rodrygo, Mariano, Alvaro Odriozola, Diego Altube, Isco, Andriy Lunin, Marco Asensio, Marcelo.
  • BARCELONA (3-4-3): Marc-Andre ter Stegen; Oscar Mingueza, Ronald Araujo, Clement Lenglet; Sergino Dest, Sergio Busquets, Frenkie de Jong, Jordi Alba; Lionel Messi (c), Ousmane Dembele, Pedri. Cadangan: Samuel Umtiti, Trincao, Sergi Roberto, Junior Firpo, Martin Braithwaite, Gerard Pique, Riqui Puig, Miralem Pjanic, Antoine Griezmann, Inaki Pena, Arnau Tenas, Ilaix Moriba.