Hasil Liga Spanyol: Zidane Panik Lakukan 3 Pergantian Sekaligus, Berhasil Selamatkan Real Madrid

Gila Bola – Kapten merangkap jimat Real Madrid Sergio Ramos sudah kembali dari cederanya, yang membuatnya absen sejak 14 Januari 2021, pada pertandingan Liga Spanyol hari Sabtu malam 13 Maret 2021. Namun sayangnya gagal membawa keberuntungan bagi Los Blancos.

Bukan Sergio Ramos yang menyelamatkan Los Blancos dengan kemenangan 2-1 atas Elche pada Sabtu malam, tapi kerjasama dua pemain senior yang turun sebagai pengganti, Toni Kroos dan Luka Modric, selain jasa sang pencetak dua gol Karim Benzema.

Ikut sertanya Sergio Ramos dianggap membawa keberuntungan pada laga La Liga melawan Elche, lawan yang selalu berhasil dikalahkan oleh Real Madrid dalam sembilan head to head terkininya (8 kemenangan, satu imbang) sejak kekalahan 3-1 pada Maret 1978. Sudah lama sekali. Tapi sayangnya mereka malah tertinggal satu gol lebih dulu gara-gara sundulan kepala salvo dari Dani Calvo menit 61.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
TOTOBET
TOTOBET

Pelatih bola Zinedine Zidane melakukan empat rotasi dari daftar starter skuad yang hanya bermain imbang 1-1 di Atletico Madrid pada 7 Maret 2021 lalu. Salah satu dari empat pemain yang dipanggil masuk adalah Sergio Ramos, selain Fede Valverde, Isco dan Vinicius Junior. Empat pemain bola Los Blancos yang dipaksa istirahat – kemungkinan disimpan untuk laga melawan Atalanta di ajang Liga Champions – adalah Luka Modric, Rodrygo dan Marco Asensio, selain Toni Kroos.

Ini merupakan penampilan pertama Ramos, sang jimat klub bola raksasa itu, sejak mengalami cedera yang memaksanya absen membela Los Merengues sejak 14 Januari 2021, pada periode mana skuad Zidane menderita tiga kekalahan dan dua hasil imbang dari 11 pertandingan di semua kompetisi sampai dengan sebelum kick-off di Estadio Alfredo di Stefano ini dimulai pada Sabtu malam.

Usai kebobolan gol oleh Dani Calvo itu, Zidane buru-buru membawa masuk dua pemain senior Toni Kroos dan Luka Modric, selain Rodrygo, untuk menggantikan tiga pemain. Ironisnya satu di antaranya adalah Sergio Ramos – yang kali ini gagal membawa keberuntungan bagi Los Merengues – selain Isco dan Fede Valverde.

Terbukti itu merupakan keputusan yang benar, dengan sepak pojok pendek dari Kroos kemudian dilambungkan oleh Modric ke dekat tiang jauh, di mana Karim Benzema melompat pada momen yang tepat untuk menanduk bola ke pojok gawang Edgar Badia, menyamakan skor sama kuat 1-1. Itu sudah menit 73!

Selang 12 menit kemudian hampir saja Casemiro menambah gol bagi Real Madrid setelah melompat untuk menyambut umpan silang dari Nacho, tapi sayangnya melambung di atas mistar gawang Elche.

Pertandingan La Liga di Alfredo di Stefano ini berlangsung ketat selama paruh pertama dengan para pemain Elche berhasil memaksa Los Blancos puas dengan hanya satu saja tembakan tepat sasaran, meski mereka memiliki tujuh percobaan serangan. Tapi tim tamu malah gagal mencatatkan satu pun serangan on target selama 45 menit pertama. Situasinya berubah pada separuh kedua permainan dengan Real Madrid menguasai sampai 70 persen dominasi atas bola, saat Elche sepertinya puas dengan hasil imbang dan berusaha menjaga agar mereka tidak menelan kekalahan, tapi masih memiliki dua serangan on target.

Keputusan pergantian pemain memasukkan Rodrygo terbukti benar setelah pada menit pertama injury time, sang striker Perancis melepaskan serangan dari sudut sempit usai menerima umpan pendek dari sang pemain Brasil itu, memastikan kemenangan Real Madrid. Lihat posisi Benzema pada papan top skor Liga Spanyol.

Dengan kemenangan ini maka skuad Zidane yang memiliki 57 poin berhasil melewati Barcelona (56) untuk merebut ranking kedua klasemen La Liga, terpaut 5 poin di bawah rival sekotanya Atletico yang masih menguasai puncak dengan 62 poin.