Ini Penyebab Barcelona Gagal Raih Kemenangan Lawan Olympiakos

Di luar perkiraan, Barcelona hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan tuan rumah Olympiakos dalam laga keempat penyisihan Grup D Liga Champions, Rabu (1/11) dini hari WIB. Taktik menyerang Barca berhasil dipatahkan oleh tim tuan rumah.

Dalam pertandingan di Stadion Karaiskakis, Piraeus, itu Barcelona tidak diperkuat Gerard Pique dan kapten Andres Iniesta. Pique absen karena skorsing, sementara Iniesta cedera.

Barcelona sangat mendominasi permainan, baik di babak pertama maupun babak kedua. Berdasarkan statistik ESPN, Barca memiliki 70 persen penguasaan bola dengan menciptakan 19 percobaan yang enam di antaranya mengarah ke gawang.

Sebaliknya Olympiakos yang bertahan total di laga ini, hanya mengandalkan serangan-serangan balik. Tim tuan rumah cuma menciptakan enam percobaan di sepanjang laga dan hanya satu yang on target.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

 

Setidaknya Lionel Messi tiga kali melepaskan tembakan on target, tapi mampu dipatahkan oleh kiper Proto yang tampil sangat gemilang. Sedangkan Luis Suaraz dua kali mengancam gawang lawan, salah satunya hanya menerpa mistar gawang.

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengatakan bahwa timnya sudah tampil bagus dan berusaha maksimal untuk memenangkan pertandingan. Tapi, dia mengakui cara bemain defensif yang diterapkan oleh Olympiakos yang membuat Lionel Messi dan kawan-kawan sulit mencetak gol.

“Kami hanya kurang beruntung dalam mencetak gol. Kami sudah mencoba lebih dekat dengan kotak penalti mereka dengan cara menahan bola lebih lama, tapi mereka bagus sekali saat bertahan dan mencoba memukul kami dengan serangan balik,” kata Valverde memberikan alasan.

“Mereka juga termotivasi oleh dukungan fans mereka. Anda bisa melihat dukungan menakjubkan yang ada di sini,” tambahnya. “Tapi saya pikir ini tetap sebuah langkah maju untuk kami, meski tidak sesuai keinginan. Para pemain sudah bekerja maksimal tadi.”

Dengan hasil ini, Barcelona tetap memimpin di puncak klasemen Grup D dengan perolehan 10 poin dari empat pertandingan. Mereka masih unggul tiga poin atas Juventus yang berada di posisi kedua. Adapun Olympiakos berada di peringkat terbawah dengan poin satu.

Susunan Pemain
Olympiakos: Proto; Elabdellaoui, Botia, Engles, Koutris; Figueiras, Romao, Tachtsidis, Odjidja-Ofoe (Gillet 75′), Carcela (Pardo 79′); Fortounis (Djurdjevic 84′)

Barcelona: Ter Stegen; Semedo, Mascherano, Umtiti, Jordi Alba; Sergi Roberto (Deulofeu 45+1′), Busquets, Paulinho (Rakitic 62′); Denis Suarez (Andre Gomes 75′), Messi, Luis Suarez.