Inilah Laga-laga Tandang La Liga Paling Melelahkan Musim Depan

Inilah Laga-laga Tandang La Liga Paling Melelahkan Musim Depan

Setelah mengamati peta sebaran tim La Liga untuk musim 2019/2020 maka inilah data laga-laga tandang paling melelahkan. Simak.

Tiga tim baru untuk La Liga musim 2019/2020 sudah ditetapkan. Mereka adalah Osasuna, Granada, dan Real Mallorca. Terkait dengan lokasi-lokasinya, ketiga tim debutan itu akan menjalani laga-laga tandang yang melelahkan.

Lihat peta di bawah ini, Osasuna terletak di negara bagian Navarre di sisi utara Spanyol. Tidak sejauh Real Sociedad di San Sebastian yang lebih utara lagi tapi sudah cukup melelahkan jika mereka harus tandang ke Real Betis, Sevilla dan Granada di sisi selatan Spanyol. Jarak antara sisi utara dan selatan bisa mencapai 900 kilometer dengan perjalanan darat.

Inilah Laga-laga Tandang Paling Melelahkan di La Liga Musim Depan

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Demikian juga Real Mallorca, yang merupakan sebuah tim kejutan Liga Spanyol karena memenangkan dua kali promosi dalam dua musim terakhir. Mereka berbasis di sebuah pulau terpisah, Balearic, dan akan menempuh tandang mengerikan jika mereka away ke Celta Vigo. Jarak keduanya 1.256 kilometer yang merupakan gabungan perjalanan darat dan naik ferry.

Sekedar perbandingan. Di Indonesia jarak 900 kilometer itu kurang lebih setara jarak dari Bandung ke Probolinggo (Jawa Timur) dengan menggunakan jalan tol Trans Jawa dan dilanjut jalan provinsi. Itu pun hanya 859 kilometer. Sedangkan jarak antara Bandung ke Denpasar Bali kurang lebih 1.184 kilometer via darat.

Kelelahan tandang yang sama akan dialami oleh dua tim negara bagian Catalonia, Espanyol dan Barcelona, jika mereka away ke Seville (Real Betis dan Sevilla) dan juga ke Granada di sisi selatan, selain ke Celta Vigo di sisi barat Spanyol.

Dalam hal ini klub-klub di kota Madrid (Atletico Madrid, Leganes, Getafe dan Real Madrid) memiliki keuntungan karena berada di tengah-tengah. Jarak ke pulau Balearic tempat kandang Real Mallorca maupun ke kota Vigo di sisi barat Spanyol kurang lebih sama jauhnya, berkisar 600-an kilometer.

Musim baru Liga Spanyol akan dimulai 16 Agustus 2019 dan berakhir 24 Mei 2020. Sebanyak 20 tim akan bertanding kandang dan tandang dengan total jumlah pertandingan 38 kali sampai akhir musim. Tiga tim yang ditendang keluar dari divisi La Liga musim yang baru lewat adalah Rayo Vallecano, Real Valladolid dan Huesca.