Jalan Berkerikil Real Madrid untuk Datangkan Bintang Muda Berbakat

Gilabola.com –  Upaya Real Madrid mendatangkan bintang muda asal Hungaria Dominik Szoboszlai dihadapkan pada sedikit ganjalan dari pihak Red Bull Salzburg.

Pesepak bola berusia 20 tahun itu menjadi incaran berbagai klub top Eropa atas penampilannya yang menimbulkan decak kagum. Szoboszlai sukses menyabet gelar pemain terbaik Liga Austria musim 2019/2020 pada usia yang relatif muda.

Kabarnya Zinedine Zidane telah menelepon sang pemain langsung untuk meyakinkan Szoboszlai agar memprioritaskan transfer ke Los Blancos dibanding klub-klub lain. Akan tetapi, seperti diberitakan oleh The Athletic, keinginan Real Madrid tidak akan semudah membalikkan telapak tangan untuk memboyong Szboszlai ke Bernabeu.

Advertisement

Dalam kontrak yang telah disepakati Szboszlai dengan Red Bull Salzburg, pihak Madrid atau siapapun yang berminat memboyongnya pada jendela transfer wajib memberi tahu pihak Salzburg sebelum 15 Desember.  Nominal klausul pelepasannya pun wajib dibayarkan pada 31 Desember sebesar 25 juta Euro atau setara dengan Rp 427 Milyar.

Andai Real Madrid berkeinginan membeli pada jendela transfer musim panas tahun depan pun maka pihak Salzburg harus diberitahu sebelum 30 Juni dan tawaran harus dimasukkan pada 15 Juli. Misalkan pihak Real Madrid sudah mencapai kata sepakat dengan kubu Red Bull Salzburg, maka mereka harus menerima klausul tambahan dalam penjualan tersebut.

Kabarnya Madrid harus memberikan 20 persen dari penjualan sang pemain di masa depan, tapi angka tersebut bukan diambil dari margin keuntungan namun dari total nilai transfer yang terjadi.

“Mau [pembeliannya terjadi pada] Januari atau musim panas, yang terpenting [Szoboszlai] akan pergi ke klub yang menurut kami akan memberikan jatah bermain dan melanjutkan perkembangannya,” kata Esterhazy Matyas, sang agen. “Tentu saja saya tidak akan membeberkan rahasia ketika saya berkata Dominik akan segera meninggalkan klub juara Austria.”