Kembalikan Jersey Messi ke Nike, Kondisi Barcelona Tambah Payah

Gilabola.com – Barcelona kembalikan jersey kebanggaan Lionel Messi kepada Nike, dan hadapi dampak keuangan yang sangat besar karena kehilangan ratusan milyar rupiah akibat konsekuensi tersebut.

Barca sudah alami masalah keuangan sejak beberapa tahun terakhir. Payahnya kondisi keuangan tim Catalan itu makin menjadi-jadi musim panas ini, setelah mereka gagal mempertahankan Messi.

Namun laporan terakhir menunjukkan, kepergian megabintang asal Argentina itu bahkan menimbulkan masalah keuangan yang lebih besar dari yang dibayangkan sebelumnya. Saat ini, dampaknya terlihat jelas dari jumlah kaos tim milik Messi yang harus dikembalikan Barca kepada Nike – produsen apparel yang menjadi rekanan mereka selama ini.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Pada tengah pekan ini, gambar mural Messi yang sangat besar di luar stadion Camp Nou telah dilucuti. Segera setelah itu, kaos bertuliskan nama Messi dan juga nomor 10 yang legendaris yang dikenakannya selama ini juga ditarik dari toko-toko resmi merchandise klub. Sebelum pemain itu pergi dari Barcelona, rak di toko-toko tersebut penuh dengan kaos ‘Messi 10’ yang telah disiapkan untuk musim 2021/22.

Menurut laporan Marca, seperti yang dilansir IB Times, sedikitnya delapan dari 10 kaos Barca yang dibeli orang merupakan kaos yang bercetak nama dan nomor Messi. Dengan demikian, itulah sebagian besar kaos Barca yang dicetak jelang musim baru saat ini. Hal itu terlepas dari janji presiden Joan Laporta bahwa dia sudah temukan cara untuk mempertahankan Messi di Barca, yang akhirnya tidak berhasil ia lakukan.

Nike sendiri kini masih memiliki ribuan kaos bernama dan nomor Lionel Messi, walau pemain 34 tahun itu sudah resmi menjadi pemain PSG. Tak jelas apa yang akan dilakukan perusahaan itu dengan kaos-kaos tersebut, yang jelas mereka tak akan senang dengan perkembangan yang terjadi saat ini.

Lebih jauh, fakta bahwa Messi secara historis telah membuat 80 persen dari penjualan kaos tim Barcelona laris-manis di pasaran, tentunya memberi dampak besar pada keuangan klub tersebut.

Kini, mereka berharap pemain baru seperti Sergio ‘Kun’ Aguero dan Memphis Depay bisa meningkatkan kembali penjualan kaos Barca. Namun yang harus dihadapi sekarang adalah, kedua pemain tersebut TAK PUNYA KEKUATAN BINTANG seperti halnya Messi yang telah memenangkan enam Ballon d’Or, bahkan walaupun keduanya digabungkan.

Penjualan kaos bernama dan nomor ikonik Messi diperkirakan bisa datangkan pemasukan sekitar 20 Juta Euro (Rp 337 Milyar) hingga 30 Juta Euro (lebih dari Rp 500 Milyar) dalam setahun. Itu baru dari penjualan kaos tim. Pasalnya, La Pulga juga membantu penjualan tiket dan sejumlah item lain di toko merchandise klub.

Kini, nasi sudah menjadi bubur, dan Barcelona harus menghadapi masalah lebih besar, badai besar di atas atap klub mereka dan hanya bisa berharap para bintang baru akan tampil gemilang di lapangan.

Apalagi, jika Barca berhasil meraih trofi di musim baru, maka nilai keseluruhan klub akan terdongkrak dan para pemain bisa kantongi lebih banyak pendapatan yang akan  tergantung pada seberapa bagus kinerja mereka di lapangan.

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO