Keputusan Wasit Tidak Beri Penalti Valladolid Atas Handball Jordi Alba Sudah Benar

Gila Bola – Para pemain Real Valladolid meminta penalti di menit ke-62 dalam pertemuan mereka melawan Barcelona di Camp Nou pada Selasa (6/4) dini hari WIB, setelah bola mengenai tangan Jordi Alba di dalam kotak penalti tuan rumah.

Tidak ada keraguan bahwa itu memang benar-benar handball dari Jordi Alba, tapi wasit Santiago Jaime Latre memutuskan bahwa tidak ada hadiah penalti untuk Real Valladolid yang akhirnya membuat mereka kalah 1-0 dari Barcelona dalam laga lanjutan La Liga mereka.

Skuad asuhan Ronald Koeman mengamankan langkah positif untuk memangkas gap menjadi hanya satu poin di belakang pemuncak klasemen Atletico Madrid berkat kemenangan tipis mereka atas pasukan Sergio Gonzalez di Camp Nou.

Advertisement
QQCepat
QQCepat

Butuh kartu merah dari Oscar Plano yang membuat Real Valladolid tinggal bermain dengan 10 pemain dan gol telat Ousmane Dembele di menit ke-90 untuk bisa memastikan kemenangan krusial bagi Barcelona yang terus menjaga harapan gelar mereka.

Kinerja wasit Santiago Jaime Latre banyak mendapatkan sorotan di laga ini. Dia tidak memberi penalti untuk Barcelona di menit ke23 saat Sergino Dest dijatuhkan dan juga tidak menghadiahkan penalti untuk Valladolid di menit ke-63 ketika Jordi Alba handball. Ini setelah wasit berkonsultasi dengan VAR.

Namun ahli wasit Juan Andujar Oliver percaya bahwa wasit Santiago Jaime Latre sudah membuat keputusan yang benar karena handball itu tidak disengaja dan bahwa lengan Jordi Alba tidak berada dalam posisi yang tidak wajar.

“Menurut saya, wasit sudah benar tidak memberikan penalti,” ujar Andujar Oliver di Radio MARCA. “Bek sayap Azulgrana tidak memiliki niat dan, seperti yang dijelaskan wasit kepada para pemain Real Valladolid, dia tidak mengangkat tangannya.”