Kiper Barcelona Tiga Penyelamatan Hebat Tapi Tetap Kalah 2-0

Kiper Barcelona Tiga Penyelamatan Hebat Tapi Tetap Kalah 2-0

Kiper Barcelona lakukan bukan satu, bukan dua, tapi tiga penyelamatan hebat tapi tetap saja tak bisa menyelamatkan timnya yang kalah 2-0 di tangan Valencia pada laga Liga Spanyol Minggu (26/1) dinihari.

Seperti biasanya Barcelona dengan cepat merebut dominasi atas bola, sampai 74 persen selama 90 menit pertandingan, tapi itu tidak berarti apa-apa karena tuan rumah Valencia dengan gigih memanfaatkan setiap kesempatan. Hal ini terlihat dari jumlah serangan on target yang dilepaskan Los Che mencapai enam kali sepanjang laga, plus dua off target. Bandingkanlah itu dengan apa yang dicatatkan oleh Blaugrana, lima tembakan tepat sasaran dan enam percobaan serangan yang meleset.

Peluang terbaik pertama terjadi saat Gerard Pique menjatuhkan Maxi Gomez di dalam kotak penalti pada menit ke-10, tapi tendangan penalti setelahnya berhasil dibaca dengan baik oleh Ter Stegen dan ia membanting tubuhnya ke sisi kiri untuk menepis bola tendangan lawan. Lihat foto di atas, Gomez sudah terlanjur mengepalkan tangan merasa tendangannya berhasil mengerjai sang kiper Jerman itu.

Advertisement
berita bola
jadwal bola
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Sesaat kemudian kiper berusia 27 tahun itu menyentuh bola dengan ujung jarinya untuk mengirim bola serangan Gomez ke tiang gawang. Bola muntah kemudian disambar oleh Kevin Gameiro tapi berhasil ditepis keluar oleh kiper Borussia Moenchengladbach tersebut. Kiper Barcelona lakukan tiga penyelamatan hebat selama babak pertama untuk menjaga skor tetap 0-0.

Namun keberuntungan Barca berakhir pada paruh kedua laga di Estadio Mestalla ini. Satu tembakan Maxi Gomez memantul di kaki Jordi Alba untuk menjadi gol pertama Valencia tadi malam. Secara resmi gol tetap milik Gomez bukan menjadi bunuh diri sang pemain Barca.

Gol kedua pada menit 77 terjadi akibat kesalahan para pemain Barcelona yang membiarkan Gomez berkelana sendirian di dalam kotak penalti. Ferran Torres yang baru saja memperoleh bola dan menjauhkannya dari Samuel Umtiti dengan cepat mengirimkannya ke sisi kiri. Gomez memiliki waktu sesaat untuk berpikir dan menembak ke sudut kiri gawang Ter Stegen dengan tembakan melengkung. Kali ini sang kiper Jerman tidak bisa menyelamatkan timnya.

Sebenarnya ada gol ketiga oleh mantan pemain Arsenal Gabriel Paulista pada menit 82 tapi serangan dari hasil sebuah sepak pojok ini dianulir wasit dengan anggapan melanggar Sergio Busquets lebih dulu. Sepak pojok diulang tapi tidak ada gol.

Dengan kekalahan ini maka Barca masih berada di puncak klasemen dengan perolehan 43 poin tapi memiliki satu pertandingan lebih banyak dibandingkan Real Madrid yang baru akan tandang ke Real Valladolid pada Senin (27/1) dinihari. Sementara itu Valencia naik ke posisi kelima klasemen Liga Spanyol, satu posisi dan satu poin di bawah Atletico Madrid.