Legenda Brasil: Ronald Koeman Lebih Baik Dibanding Zinedine Zidane

Gilabola.com – Salah satu legenda Barcelona asal Brasil, Rivaldo percaya Ronald Koeman lebih layak mendapatkan pujian untuk apa yang telah dilakukannya di Camp Nou dibandingkan apa yang dilakukan Zinedine Zidane di Real Madrid.

Pelatih berkebangsaan Belanda itu sempat menjadi sorotan masyarakat karena performa Barca yang tidak konsisten pada awal musim. Zidane di Real Madrid pun sama tapi posisi Los Blancos di papan klasemen lebih baik dibandingkan sang rival. Performa Los Blancos terganggu dengan mereka tersingkir pada ajang Piala Super Spanyol di tangan Athletic Bilbao.

Namun Rivaldo percaya Ronald Koeman lebih patut mendapatkan pujian karena mengorbitkan dan mempercayai pemain-pemain muda di skuad Barcelona. Hal yang sama tidak dilakukan oleh Zinedine Zidane di Real Madrid, yang menurutnya terlalu kaku.

Advertisement

“Saya selalu percaya bahwa kunci menangani talenta-talenta muda adalah dengan tidak memberikan terlalu banyak tekanan pada mereka, dan saya rasa Koeman berhasil dalam hal itu,” kata Rivaldo, seperti dikutip dari Marca. “Dia menyatukan para pemain muda dengan [Sergio] Busquets, [Lionel] Messi dan Jordi Alba. Koeman pantas mendapatkan ucapan selamat dan penghormatan atas kebijaksanaannya itu.”

“Saya tidak tahu apa apa latar belakangnya tapi Zidane malah bertindak sebaliknya ketika memulai dan tidak memanfaatkan talenta-talenta muda seperti [Fede] Valverde, Rodrygo atau Vinicus.”

“Saya membaca pekan lalu bahwa dia mungkin menghukum Vinicius karena ia melihat telepon genggamnya pada sesi pembicaraan tim. Hal-hal seperti itu tidak layak diselesaikan dengan cara hukuman, dengan menolak memainkan seorang pemain, sebab Anda menyakiti tim Anda sendiri.”

“Pemberian hukuman itu berarti menampik seorang pemain yang bisa krusial di banyak pertandingan untuk sesuatu yang bisa diselesaikan dengan bentuk denda,” katanya.