Liga Spanyol Paling Malas di Eropa, Real Madrid Nomor 3 Paling Rajin

Liga Spanyol Paling Malas di Eropa, Real Madrid Nomor 3 Paling Rajin

Gilabola.com – Liga Spanyol adalah liga paling malas dari lima liga elit Eropa, sementara Real Madrid cuma menduduki urutan ketiga tim paling rajin di Eropa. Siapa nomor satu?

Kita tahu bahwa waktu resmi sebuah pertandingan sepak bola adalah kurang lebih 90 menit, namun waktu efektif permainan bisa jauh lebih rendah karena bola out, para pemain berlama-lama mengulur waktu saat tendangan bebas, lemparan ke dalam atau saat tendangan gawang. Selain itu waktu yang dihabiskan saat seorang pemain cedera juga memainkan peranan besar dalam menurunkan waktu permainan efektif.

Liga Spanyol Paling Malas

Nah, Liga Spanyol adalah liga paling malas di antara lima liga-liga elit Eropa dengan hanya 53,5 menit waktu permainan efektif. Liga yang paling rajin sudah bisa kamu tebak, datang dari negara yang memiliki efisiensi kerja paling tinggi: Bundesliga Jerman, dengan 55,7 menit. Di bawah Liga Jerman adalah Serie A dengan 55,6 menit, Premier League Inggris 54,6 menit dan Ligue 1 Prancis 53,8 menit.

Real Madrid Urutan Tiga

Kedatangan Pep Guardiola sudah berhasil memaksa para pemain Manchester City bekerja lebih keras. Mereka tercatat sebagai tim paling rajin bergerak dan bermain bola di antara lima liga elit Eropa dengan waktu permainan efektif 39,17 menit selama dua babak. Duduk di urutan kedua adalah Barcelona dengan 37,02 menit dan Real Madrid di urutan ketiga dengan 35,19 menit.

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Namun klub Liga Spanyol, Real Betis, ternyata bekerja lebih rajin daripada sejumlah klub raksasa Eropa lainnya seperti Paris Saint-Germain (34,52 menit), Borussia Dortmund (32,47 menit) dan Napoli (32,20 menit).

Hasil imbang Valencia 1-1 melawan Barcelona adalah satu-satunya pertandingan La Liga yang masuk delapan besar laga dengan menit efektif permainan tertinggi. Semetara itu kemenangan tandang Newcastle United 2-1 di Burnley menduduki urutan pertama efektifitas permainan paling tinggi.

Sementara itu, Getafe telah mencatatkan dirinya sebagai tim paling malas di antara semua tim-tim Spanyol dengan hanya 20,71 menit pertandingan riil.

Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) telah mengutarakan keprihatinan soal ini dalam beberapa tahun terakhir, mengusulkan agar permainan dilangsungkan selama 60 menit saja tapi jam pertandingan dihentikan saat bola-bola mati. Jadi IFAB mengusulkan sepak bola untuk meniru bola basket NBA Amerika Serikat, di mana jam pertandingan berhenti saat bola mati.