Lima Faktor Penentu Jadi-Tidaknya Real Madrid Boyong David Alaba

Gilabola.com – Real Madrid, bersama Manchester United, PSG, Chelsea dan Barcelona, dalam memperebutkan tandatangan pemain belakang Bayern Munchen, yang akan habis kontraknya pada mid 2021.

Pemain 28 tahun itu didekati Los Blancos karena kemampuannya bermain di berbagai posisi sehingga bisa memperkaya skuad Zinedine Zidane. Ia akan diizinkan bernegosiasi dengan pihak mana pun yang berminat menggunakan jasanya mulai Januari 2021.

Pini Zahavi, selaku agennya, sudah melakukan kontak dengan pihak Madrid perihal kemungkinan bermain di Santiago Bernabeu, seperti dikutip football-espana.com dari Diario AS. Ada lima faktor yang akan mempengaruhi, jadi-tidaknya transfer sang pemain Austria itu ke Real Madrid.

Advertisement

1. Faktor keuangan. Krisis saat ini menghajar seluruh sektor ekonomi termasuk industri sepakbola dan hampir semua klub melakukan penghematan besar-besaran. Los Merengues mengurangi pengeluaran klub sampai 5 Trilyun rupiah agar bisa bangkit lebih cepat dibanding klub-klub lain saat situasi krisis ini berakhir. Oleh karenanya, jika pihak David Alaba bersikukuh soal gaji besar maka diyakini pihak Real Madrid bakal mundur teratur.

2. Bagaimana situasi Sergio Ramos? Bek merangkap kapten tim nasional Spanyol itu belum juga memperpanjang kontraknya. Padahal kontrak Ramos akan habis pada waktu yang sama seperti Alaba dan jika bek veteran itu hengkang, ada kans sangat besar bagi pemain Bayern itu pindah ke Spanyol.

3. Situasi dua bek lainnya, Nacho Fernandez dan Eder Militao. Keduanya bukan pilihan utama Zidane. Nacho sudah mendapatkan penawaran dari klub-klub lain, sementara Militao gagal membuktikan dirinya sejak diboyong dari FC Porto musim panas 2020.

4. Ke mana Alaba mau pindah? Selain Madrid ada Chelsea, PSG, Barcelona dan Manchester United yang sama-sama mengejar sang pemain.

5. PSG dan Chelsea memiliki kekuatan keuangan yang mumpuni untuk memikat sang pemain, meski di tengah situasi saat ini. Nasib transfer Alaba ke Madrid akan bergantung pada keberanian direksi Los Blancos mengajukan tawaran.