Lionel Messi, dan Catatan Pesepakbola Terhebat Sepanjang Masa

Lionel Messi, dan Catatan Pesepakbola Terhebat Sepanjang Masa

Gilabola.com – Lionel Messi, bintang Barcelona dan Timnas Argentina, genap berusia 32 tahun pada Senin ini, 24 Juni 2019.

Seperti halnya banyak dari kita yang mengucapkan selamat ulang tahun kepada peraih lima Ballon d’Or itu, sebagian besar dari kita juga merasa sangat sedih. Suka tidak suka, Messi dengan cepat telah mendekati tahun-tahun terakhir karirnya yang luar biasa.

Apalagi, kebanyakan pesepakbola akan pensiun di sebuah klub kita usia mereka di pertengahan 30-an. Kini, usia Messi pun tak akan lama lagi akan merambah kisaran tersebut.

Ini akan menjadi hak Messi ketika dia putuskan untuk gantung sepatu. Dia mengatakan awal tahun ini, dia akan memperpanjang masa pensiunnya selama yang dia bisa. Tapi, kalaupun dia bermain sampai usianya mencapai 38 tahun, itu hanya berkisar enam tahun lagi dari sekarang.

Beberapa Kali Bawa Argentina Nyaris Juara

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Hari inipun jadi pengingat, banyak pecinta sepakbola yang menghargai Lionel Messi sebagai salah seorang pemain yang dianggap sebagai ‘terbesar di sepanjang masa’. Tapi, seperti yang semua suporter tahu, dia tidak akan ada selamanya.

Lionel Messi telah meraih segalanya dalam sepakbola, kecuali dari memenangkan turnamen besar di tingkat internasional. Hal ini menjadi ambisi bagi bintang Argentina tersebut di atas segalanya.

Meski demikian, Messi sebelumnya sangat dekat pada beberapa peluang juara bersama timnas – termasuk finis sebagai finalis Piala Dunia 2014. Kini, ia kembali mendapat kesempatan untuk merebut gelar juara di ajang Copa America, setelah Argentina berhasil melaju ke perempat final.

Jika Messi benar-benar berhasil memenangkan Copa America bulan depan, maka akan semakin banyak pecintanya yang setuju bahwa Messi telah lakukan banyak di sepanjang karirnya, hingga dia layak dinobatkan sebagai pemain terbaik yang pernah ada di dunia.

Ada beberapa pemain lain yang menjadi kandidat untuk penghormatan ini. Yakni Pele, Diego Maradona, Alfredo Di Stefano, Johan Cruyff dan, tentu saja, Cristiano Ronaldo. Tapi, Lionel Messi, bagi banyak orang, telah mengalahkan banyak hal. Berikut ini daftarnya, seperti yang dilansir dari Give Me Sport:

1.Messi telah menjadi pencetak gol terbanyak Barcelona di sepanjang masa, dengan koleksi 603 gol dalam 687 pertandingan. Dia jauh meninggalkan pencetak gol terbanyak di klub itu sebelumnya, César Rodríguez Álvarez, yang bukukan 232 gol dan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa ke dia..

2.Messi juga menjadi pencetak gol terbanyak Argentina, di mana ia sukses mencetak 67 gol untuk negaranya sejak 2005 lalu.

3. Tidak ada pemain yang memenangkan Ballon d’Or lebih dari Messi (lima kali) – Ronaldo saat ini memang punya koleksi yang sama. Tapi enam Sepatu Emas Eropa catatkan keunggulan Messi atas rival beratnya tersebut.

4.Messi memenangkan penghargaan Pemain Terbaik La Liga sebanyak tujuh kali, dan menjadikan sebagai salah satu pemain Tim Terbaik Uefa sebanyak 10 kali, serta menjadi pencetak gol terbanyak La Liga dalam enam kesempatan. Dia juga menjadi penyedia assist terbanyak dalam lima kali edisi La Liga.

5.Messi telah mencetak lebih banyak gol di ajang Liga Champions dibandingkan pemain lain, dalam enam musim yang berbeda. Selain itu, Messi juga telah memenangkan trofi paling bergengsi di sepakbola Eropa bersama Barca empat kali.

6.Lionel Messi memegang rekor di Guinness World Record untuk sebagian besar golnya dalam satu tahun kalender. Yakni 91 gol yang mencengangkan pada tahun 2012, dan rekor mencetak gol terpanjang di liga domestik, yakni 33 gol dalam 21 pertandingan beruntun pada musim 2012/13.

Selain dari statistik dan catatannya yang luar biasa, ada beberapa pemain (kalau ada) yang telah membawa banyak kegembiraan kepada banyak orang seperti Messi. Ada sejumlah pertandingan di tahun-tahun lalu, di mana para suporter dibuat bertanya-tanya, apakah Messi benar-benar manusia atau mahluk dari planet lain. Pasalnya, ada sesuatu yang berbeda saat dia berada di atas lapangan.