Lionel Messi Yakin Ernesto Valverde Tak Patut Disalahkan

Lionel Messi yakin Ernesto Valverde Tak Patut Disalahkan Atas Kegagalan Barcelona

Gilabola.com –¬†Lionel Messi menegaskan bahwa sang pelatih Ernesto Valverde tak patut disalahkan atas kegagalan Barcelona melaju ke final Liga Champions musim ini.

Masalah tersingkirnya Barcelona dari ajang Liga Champions, ternyata masih menjadi topik hangat yang dibicarakan pecinta sepakbola. Wartawan yang mengerubungi Messi dan Gerard Pique, Jumat (24/5) malam waktu setempat, pun masih mempertanyakan hal itu.

Messi untuk pertama kalinya muncul dalam sebuah konferensi pers sejak Mei 2015 lalu, bersama Pique dan Valverde jelang final Copa del Rey, Minggu (26/5) dinihari WIB. Bintang asal Argentina itu belum pernah berbicara secara terbuka sejak Barcelona secara mengejutkan tersingkir dari Liga Champions di Anfield, dan ia mengakui hal itu menjadi salah satu malam tersulit dalam karirnya.

“Itu pukulan besar bagi saya dan semua rekan-rekan saya di ruang ganti,” tegas Lionel Messi mengawali pernyataannya.

Sulit Bangkit Lagi

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

“Sulit rasanya bagi kami untuk bisa bangkit lagi. Saya pikir, Anda melihat itu dalam pertandingan kami berikutnya, tapi sekarang kami akan jalani satu final lagi, peluang trofi yang bisa kami mainkan dan kemungkinan bisa memenangkan trofi ke dua musim ini. Kami harus mengakhiri musim kami dengan baik, kami harus menang, seperti semua final yang kami mainkan, kami berambisi rebut trofi,” tambahnya.

Lionel Messi juga menyatakan, ia memberi dukungan penuh pada pelatih Ernesto Valverde. “Saya tidak melihat ada kritik yang patut diberikan kepada pelatih saya. Jujur saja, saya pikir dia telah lakukan pekerjaan mengesankan, sejak dia ada di sini. Dia tidak bisa disalahkan atas hasil kami di laga melawan Liverpool. Kami, sebagai pemain-lah yang harus disalahkan. Kami seharusnya tidak membiarkan apa yang terjadi setahun lalu, saat kami hadapi Roma, terjadi lagi,” ujar Messi.

“Penampilan tim sangat disesalkan, dan meninggalkan noda begitu besar (pada musim ini). Itu bisa terjadi satu kali saja (saat Barca disingkirkan Roma tahun lalu), tapi seharusnya tidak pernah terjadi lagi di musim-musim berikutnya, apalagi secara berurutan. Tidak boleh terjadi ketika Anda punya kesempatan besar untuk berlaga di final ajang besar Eropa. Pelatih memang lakukan beberapa kesalahan, tapi kami melakukan kesalahan lebih besar,” tegasnya.

Ingin Valverde Tetap di Camp Nou

Pembelaan Lionel Messi terhadap Valverde terus berlanjut. “Saya ingin pelatih tetap lanjutkan tugasnya di sini bersama kami,” tambah Messi saat ditanya apakah dia ingin ada perubahan manajerial musim panas ini.

“Anda bisa menyukainya, atau tidak, tapi tahun lalu kami berhasil raih kemenangan ganda. Sekarang kami sekali lagi berjuang untuk kemenangan ganda. Jika Anda memikirkannya, kami telah kehilangan dua peluang kami dalam dua tahun ini. Masalahnya adalah, bagaimana kami bisa kehilangan peluang ini, padahal kami jalani musim dengan sangat baik,” ungkapnya.