Lionel Messi Rebut Lima Penghargaan Bersama Barcelona Musim Ini

Lionel Messi Rebut Lima Penghargaan Bersama Barcelona Musim Ini

Gilabola.com – Barcelona boleh tersingkir dari Liga Champions, namun bintangnya Lionel Messi berpeluang rebut lima penghargaan musim ini.

Walau dipermalukan Liverpool di leg kedua semi final Liga Champions tengah pekan lalu, Messi ternyata masih menjadi pemain pilihan musim ini, Pasalnya, Messi sekali lagi tunjukkan penampilan menawanya bersama Barcelona, walaupun dia masih harus menunggu satu musim lagi untuk bisa wujudkan impiannya mengangkat trofi Si Kuping Besar.

Bersama Barcelona, Messi sudah memenangkan trofi juara La Liga musim ini dan berpeluang raih trofi keduanya musim ini, karena Barca masih akan bertemu Valencia di final Copa del Rey, 25 Mei mendatang.

Tapi di samping itu, Messi tetap memenangkan penghargaan Sepatu Emas La Liga, lewat 34 gol yang dikoleksinya di ajang liga musim ini. Tapi, barangkali ini bukan satu-satunya trofi yang dimenangkan bintang asal Argentina tersebut musim ini. Messi bahkan bisa meraih lima penghargaan individu di akhir musim.

1.Pemain Terbaik La Liga

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

Penghargaan di La Liga diperkenalkan pada musim 2008/09 dan diberikan Liga de Futbol Profesional kepada pelatih serta pemain terbaik di liga setiap tahunnya. Penghargaan itu ditentukan berdasarkan voting para kapten dan wakil kapten dari masing-masing klub, di mana mereka akan memilih pelatih terbaik dan pemain terbaik dalam empat kategori. Yakni kiper, bek, gelandang dan penyerang. Selain itu, pemain terbaik secara keseluruhan juga dipilih berdasarkan data dari analisis statistik sepanjang musim.

Messi punya catatan yang belum pernah terjadi sebelumnya atas La Liga Awards. Dia telah menyabet delapan penghargaan Pemain Terbaik dan memenangkan sembilan kali award untuk La Liga Best Forward.

Musim ini juga, ia juga menjadi pemain terdepan untuk kedua penghargaan itu. Untuk itulah, Messi dipastikan akan memenangkan gelar Pichichi untuk yang ke-6 kalinya musim ini, dan membuatnya samai rekor Telmo Zarra yang telah bertahan selama hampir 66 tahun!

Messi sekali lagi juga akan menjadi penyedia assist terbanyak La Liga musim ini, dan itu sangat penting bagi Barca karena mereka telah mengangkat trofi La Liga, di samping telah mencapai final Copa del Rey. Sejauh ini, tak ada pemain lain yang mendekati catatan Messi di La Liga, dan ia berpeluang besar untuk sekali lagi menjadi Pemain Terbaik La Liga Musim Ini.

2. Sepatu Emas Eropa

Messi sudah tampil menakjubkan dalam perburuan Sepatu Emas La Liga musim ini. Namun, ia juga telah memimpin tangga teratas di ajang Eropa. Sampai sekarang, bintang berusia 32 tahun itu menjadi pemain terdepan untuk perburuan Sepatu Emas Eropa – sekali lagi, setelah Messi mencetak 34 gol di La Liga musim ini, saat musim tersisa dua pertandingan lagi.

Sejauh ini, Messi sudah menjadi pemegang rekor dengan lima Sepatu Emas Eropa, satu trofi lebih banyak dari rival beratnya, Cristiano Ronaldo, yang mengoleksi empat Sepatu Emas Eropa. Peluang itupun bisa makin terbuka untuk Messi di akhir musim ini.

Sejauh ini, pesaing terdekat Messi musim ini di ajang Eropa, adalah pemain muda PSG, Kylian Mbappe. Mbappe telah mencetak 30 gol musim ini, namun peluangnya setelah itu tertutup usai larangan bermain dalam tiga pertandingan yang diterimanya belum lama ini.

Saat Mbappe kembali ke lapangan, ia pun hanya memiliki dua pertandingan lagi di ajang Ligue 1 untuk bisa mengejar Messi. Dengan demikian, perburuan untuk penghargaan yang satu ini tetap menarik, dan belum bisa melihat apa yang akan terjadi sampai akhir musim ini.

Sementara Ronaldo, telah mencetak 21 gol musim ini di saat kompetisi Serie A tersisa tiga pertandingan. Kedua saingan berat Messi inipun semuanya sudah keluar dari perburuan trofi tersebut.

Terlepas dari semua itu, sulit untuk membayangkan bahwa Messi tidak akan berhasil merebut Sepatu Emas Eropa ke-6 pada akhir musim ini.

3. Pemain Pria Terbaik Uefa

Pemain Pria Terbaik Uefa umumnya diberikan kepada pemain sepakbola terbaik yang bermain untuk sebuah klub di Eropa, dengan mempertimbangkan kinerja pemain tersebut di klub maupun tim nasional untuk tahun sebelumnya. Itu sebelumnya dikenal sebagai Pemain Terbaik Uefa di Eropa dan menggantikan Uefa Club Footballer of the Year Award.

Penghargaan ini diperkenalkan pada 2011, dan sejak awal telah diberikan kepada beberapa pemain top di jamannya. Cristiano Ronaldo, secara kebetulan, telah memenangkan trofi ini sebanyak tiga kali, sementara Messi menyusul di belakangnya dengan dua trofi. Namun, musim ini, tabel telah berubah secara dramatis.

Kepindahan Ronaldo ke Italia dan rata-rata penampilan yang sesuai standarnya, membuat Messi saat ini menjadi pemain terdepan untuk meraih penghargaan tersebut. Namun, Messi memiliki pesaing berat di musim ini, terutama dari Mbappe dan bek Liverpool, Virgil van Dijk, yang keduanya juga telah menjadi bintang musim ini.

Sebagai ‘persiapan’ untuk raih penghargaan tersebut, Messi telah menyingkirkan empat pemain yang berada di depannya musim lalu. Yakni Luka Modric, jadi pemain pertama yang disingkirkan Messi, lalu Ronaldo, Mohamed Salah dan Antoine Griezmann.

Messi tetap menjadi favorit untuk memenangkan penghargaan Pemain Pria Terbaik Uefa untuk ketiga kalinya musim ini, berkat kinerja keseluruhan yang fantastis di lapangan. Messi telah mencetak 48 gol dan 16 assist dalam 46 pertandingan untuk Blaugrana. Dia kemungkinan besar akan memenangkan Sepatu Emas La Liga dan juga Sepatu Emas Eropa. Sejauh ini, tidak ada satupun pemain lain yang berhasil mendekati catatan Messi dalam hal ini.

4. Pemain Terbaik Fifa

Tahun lalu, Messi benar-benar diabaikan dalam penghargaan Pemain Pria Terbaik FIFA. Trofinya beralih ke pelukan Luka Modric untuk aksi menawannya di Piala Dunia 2018. Cristiano Ronaldo berada di urutan kedua, sedangkan bintang Liverpool Mohamed Salah berada di urutan ketiga. Messi sendiri hanya berada di urutan kelima, dan itu sangat menghibur dunia sepakbola.

Musim ini, Messi telah meninggalkan semua kompetisi. Dia berada beberapa mil di depan rekan-rekannya dalam hal mencetak gol, selain sekali lagi memimpin grafik assist dan tampil menawan dengan konsistensi luar biasa di lapangan. Benar saja, keluarnya Barca dari Liga Champions musim ini, menjadi satu-satunya noda di musimnya, tapi Messi juga pencetak gol terbanyak dalam kompetisi bergengsi tersebut.

Sampai sekarang, kapten Barca ini juga menjadi pemain terdepan yang akan meraih penghargaan Pemain Pria Terbaik Fifa. Walau ada beberapa pemain yang layak musim ini, mungkin hanya Virgil van Dijk dan Kylian Mbappe yang mendekati tampilan sempurna Messi.

Satu-satunya yang bisa dilakukan Messi untuk tingkatkan peluangnya, adalah tunjukkan kinerja luar biasa di Copa America pertengahan tahun ini. Jika dia berhasil melakukannya, maka Messi tidak akan tersentuh dalam perburuan trofi Pemain Pria Terbaik Fifa.

5. Ballon d’Or

Terakhir kali Messi memenangkan Ballon d’Or adalah pada 2015 silam. Sejak saat itu, Messi dua kali tertinggal dari Cristiano Ronaldo, yakni pada 2016 dan 2017. Musim lalu, Messi bahkan berada di urutan ke-5 saat Luka Modric mengakhiri duopoli Ronaldo dan Messi dalam penghargaan tersebut.

Tak ada pemain lain di depannya yang pantas meninggalkannya, tapi Messi mengaku tidak pernah menyesal, apalagi mengungkapkan penyesalannya itu kepada publik. Dia membiarkan sepakbola bergulir dengan semestinya hingga akhir musim. Kini, Messi kembali berada di posisi teratas dan memimpin daftar penghargaan tersebut.

Messi berada jauh di lini depan dalam hal gol dan assist musim ini. Terlepas dari Copa del Rey yang finalnya baru akan digelar pada akhir musim ini, Messi menjadi pencetak gol terbanyak di setiap kompetisi yang telah dilakoninya sejauh ini. Jika Messi memenangkan Ballon d’Or ke-6 pada akhir tahun ini, hal itu akan membawanya ke posisi teratas puncak sekali lagi.