Lionel Messi Ukir Tampilan Ke-700 untuk Barcelona di Leganes

Berita Liga Spanyol, Barcelona, Lionel Messi, Leganes
Berita Liga Spanyol - Lionel Messi akan bukukan penampilannya yang ke-700 untuk Barcelona dalam laga kontra Leganes, Kamis (27/9) dinihari nanti.

Gilabola.com – Bintang Barcelona, Lionel Messi, akan bukukan penampilan yang ke-700 dalam laga di kandang Leganes, Kamis (27/9) dinihari nanti.

Tampilan ke-700 itu akan dibukukan Lionel Messi untuk Barcelona sejak debutnya di tim pertama Blaugrana pada tahun 2003 lalu dalam pertandingan persahabatan melawan Porto. Saat itu, Barcelona masih diasuh pelatih asal Belanda, Frank Rijkaard.

Tidak mungkin untuk memahami sejarah Barca saat ini tanpa Lionel Messi, sosok pemain asal Argentina yang jadi kunci keberhasilan klub tersebut dalam dekade terakhir. Apalagi, Messi juga tercatat sebagai pemain dengan trofi terbanyak dalam sejarah El Barca, yakni 33 trofi.

Di usianya yang ke-31 tahun, pemain Barça bernomor punggung 10 itu berada dalam momen yang menyenangkan: tak hanya ia tidak absen mencetak gol – dan jadi pencetak gol terbanyak di La Liga bersama dengan Stuani, serta di Liga Champions, tapi Messi juga menambahkan elemen baru untuk permainannya.

EVOLUSI

Advertisement
advertisement
advertisement
DepoToto
DepoToto

“Selama bertahun-tahun, umpan terakhir saya meningkat, saya menjadi lebih baik dalam memberikan assist,” ujar Messi dalam wawancaranya dengan Catalunya Radio.

Dari Messi yang cepat dan tembak langsung di tahun-tahun awal, hingga Messi yang kini mampu membaca permainan dan jalankan game di otaknya dalam 699 pertandingan yang dimainkannya, serta masih banyak lagi yang akan tercipta.

Dalam laga kontra Girona pada akhir pekan lalu, Messi pecahkan rekor lain tapi cukup signifikan, yakni sebagai pemain asing pertama dengan penampilan terbanyak di La Liga, setelah ia kantongi 423 penampilan.

Torehan ini menyalip mantan pemain Barca, Dani Alves. Pemain lain asal Brasil, Donato, catatkan 466 penampilan, tapi ia sudah dinaturalisasi menjadi pemain Spanyol. Karena alasan itulah, Donato memenuhi syarat untuk membela La Roja, tidak seperti Alves dan Messi.

14 TAHUN

Pada 16 Oktober mendatang, Messi akan merayakan 14 tahun karirnya sebagai pemain papan atas di mana ia tercatat memulai debutnya di laga melawan Espanyol di Montjuic.

Messi telah menyusul Di Stefano, Raúl, Hugo Sánchez dan Zarra untuk menempatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak liga dengan 388 gol. Dia tinggal mengejar 12 gol lagi untuk genapkan koleksinya menjadi 400, dan ini menjadi catatan yang baru lagi bagi sepakbola Spanyol.