Luis Suarez, Lima Tahun Setelah Gabung Barcelona

Luis Suarez, Lima Tahun Setelah Gabung Barcelona

Gilabola.com – Luis Suarez tepat lakoni lima tahun karirnya di Barcelona, Jumat (25/10) lalu. Bintang Uruguay itupun telah torehkan prestasi segudang bersama raksasa Catalan tersebut.

Selama lima tahun tersebut, Suarez tercatat sudah bukukan 184 gol dalam 257 pertandingan di Barcelona dan memenangkan 13 trofi. Yakni empat trofi di ajang liga, empat gelar Copa del Rey, satu Liga Champions, satu Piala Super Eropa, satu Piala Dunia Antarklub dan dua Piala Super Spanyol.

Pemain 32 tahun itu memulai debutnya dalam laga yang digelar di Bernabeu, tak lama setelah menyelesaikan larangan bermain selama tiga bulan yang dijatuhkan FIFA akibat menggigit pundak Giorgio Chiellini yang membela Timnas Italia di Piala Dunia.

Sanksi tersebut sempat membuat striker Uruguay tersebut melewatkan 11 pertandingan, yakni delapan pertandingan di La Liga dan tiga laga lainnya di Liga Champions. Suarez pun tak bisa langsung bermain setelah ia datang dari Liverpool.

Advertisement
advertisement
advertisement
Mimpi 4D
Mimpi 4D

Ketika debutnya akhirnya tiba, tepat pada 25 Oktober 2014, itu bukan laga yang mengesankan bagi Luis Suarez maupun klub. Dia bermain di sisi kanan dari tiga pemain depan, di mana saat itu Barca dikalahkan El Real, 1-3 di kandang klub ibukota Spanyol itu.

Meski demikian, musim itu, dan juga karirnya di Barcelona, telah ditandai dengan kesuksesan dan gol dalam laga-laga berikutnya. Saat ini akhirnya diyakini, penampilannya lebih dari pantas untuk sebuah biaya transfer yang lumayan mahal saat itu. Demikian diungkapkan Sport.

Sementara itu diberitakan sebelumnya, Barcelona bersiap-siap datangkan pengganti Suarez pada musim panas tahun depan. Walau musim depan masih sekitar sembilan bulan lagi, namun Barca telah menyusun jelas prioritas transfer mereka jelang musim 2020/21.

Apakah Suarez akan tetap bertahan di Camp Nou atau tidak, sebuah masalah yang masih belum terselesaikan, meskipun pemain berusia 32 tahun ini terikat kontrak hingga 2021 mendatang. Namun, klub tetap berupaya untuk fokus mendatangkan pengganti Luis Suarez di musim panas.

Kali ini, tidak akan ada pengulangan situasi Luka Jovic yang terjadi tahun lalu. Setelah mengidentifikasi pemain asal Serbia itu sebagai pengganti pas untuk Suárez, di mana klub juga telah mengawasinya hampir lusinan kali, namun pengejaran mereka kemudian mereda karena harganya yang tinggi dan kepastian bahwa bintang gaek asal Uruguay itu memilih tetap berada di Camp Nou musim ini.