Masih Ingat Ralf Rangnick? Dia Ajukan Dirinya Sendiri Latih Barcelona Musim Depan

Gila Bola – Satu lagi nama pelatih asal Jerman muncul sebagai calon pelatih baru Barcelona musim depan. Ia bahkan telah ajukan dirinya sendiri untuk jadi pengganti Xavi Hernandez.

Tentu kita masih ingat Ralf Rangnick – mantan pelatih sementara Manchester United di musim 2021/22 yang kini mengasuh Timnas Austria. Ia diberitakan telah lakukan pendekatan pada Joan Laporta untuk dipertimbangkan sebagai pelatih Xavi.

Dengan Xavi Hernandez yang akan mundur dari posisinya di klub raksasa La Liga tersebut pada akhir musim ini, tim Catalan itupun harus bergerilya mencari pengganti pelatih berusia 43 tahun tersebut.

Mantan pelatih Timnas Jerman, Hansi Flick, dan pelatih Brighton, Roberto De Zerbi, masuk dalam daftar kandidat. Begitu juga Jurgen Klopp yang saat ini masih akan dibujuk Barca untuk membatalkan rencana cuti panjangnya usai ia tinggalkan Anfield di akhir musim ini.

Sebelumnya diberitakan, Laporta cenderung ingin menunjuk seorang pelatih dari sekolah sepak bola Jerman, hingga presiden Barcelona itu memberi peluang bagi munculnya nama-nama pelatih asal Jerman – seperti Thomas Tuchel dan Julian Nagelsmann, di samping Klopp dan Flick.

Presiden Barcelona Menyukai Ralf Rangnick

Kini, seperti diberitakan Sport, Ralf Rangnick menjadi satu lagi nama pelatih asal Jerman yang masuk daftar Laporta.

Pelatih berusia 65 tahun yang masih menjabat sebagai pelatih kepala Timnas Austria itu, pernah menjadi pelatih sementara Manchester United sejak bulan Desember 2021 hingga Juni 2022.

Meski demikian harus diakui, kiprah Rangnick di MU terbilang cukup aneh dan karirnya di Austria juga tak terlalu gemilang. Rangnick telah memandu 18 pertandingan yang dilakoni Austria, di mana ia torehkan 10 kali menang, tiga kali imbang dan kalah lima kali. Kontraknya dengan Austria pun saat ini masih berjalan hingga tahun 2026.

Barcelona Lebih Suka Pelatih yang Sudah Terbukti

Selain mengasuh beberapa klub di Jerman sebelumnya, Rangnick juga dikenal sebagai sosok yang mainkan peran sebagai direktur klub selama 10 tahun terakhir ini. Namun, dia sempat mengasuh RB Leipzig di dua periode berbeda, yakni pada musim 2015/16 dan 2018/19.

Walaupun Laporta mungkin menyukai Rangnick, kemungkinan mantan pelatih sementara United itu untuk mengasuh Barcelona musim depan tampaknya tidak mungkin.

Alasannya, itu terkait dengan situasi Rangnick saat ini. Tim Catalan itu pastinya mencari manajer yang lebih mapan dan sudah terbukti kepemimpinannya di lapangan untuk mengambil alih posisi Xavi di akhir musim ini.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!