Momen Ini Benar-benar Jadi Laga Terakhir Lionel Messi Sebagai Pemain Barcelona

Gilabola.com – Momen ini benar-benar terbukti menjadi pertandingan terakhir yang dimainkan Lionel Messi sebagai pemain Barcelona.

Saat itu, 29 Juni 2021, hanya satu hari sebelum kontraknya di Camp Nou berakhir, Messi ikut membawa Argentina menang 1-4 atas Bolivia di matchday ke-5 fase Grup A Copa America.

Di pertandingan itu, masih menyandang pemain dan kapten Blaugrana, Messi sukses menyumbangkan dua gol dan assist. Sayangnya, pertandingan itu benar-benar terbukti menjadi laga terakhirnya sebagai pemain Barca.

Advertisement
QQCepat
QQCepat
Totobet
Totobet
978Bet
978Bet

Jauh-jauh hari sebelum kontrak itu berakhir, Lionel Messi memang tak segera memperbaruinya, setelah tahun lalu ia sempat ingin tinggalkan Camp Nou. Alasannya, ketika itu, bersamaan dengan pergantian manajemen baru La Pulga mengaku ingin mengetahui lebih dulu bagaimana program yang ditawarkan presiden Joan Laporta.

Ia pun disibukkan dengan turnamen Copa America, yang bahkan membuatnya harus absen di laga-laga terakhir Barca di La Liga.

Setelah itu, seperti diungkapkan Sport sebelumnya, Messi berhasil membawa Timnas Argentina melaju ke perempat-final – bahkan final dan menjadi juara Copa America, dengan status sebagai pemain bebas transfer. Ketika itu, secara teknis, Messi tak bertarung sebagai pemain Barcelona lagi, untuk pertama kali dalam karirnya sebagai pemain sepak bola profesional.

Hal ini barangkali memang hanya sebuah anekdot, tapi kenyataannya itu mencerminkan situasi rumit menyusul naik-turun emosinya sebagai pemain terbaik tim asal Catalan itu dalam satu tahun terakhir. Kenyataan bahwa Lionel Messi bisa masuk lapangan bukan sebagai pemain Barcelona lagi, telah menjadi fakta yang tak disangka banyak orang selama bertahun-tahun, baik di level olah raga maupun institusional.

Namun Messi yang genap berusia 34 tahun tepat pada 30 Juni, saat itu sudah bersiap-siap menandatangani apa yang mungkin menjadi kesepakatan terakhirnya bersama Barca. Segalanya tampak berjalan sesuai jalurnya setelah Joan Laporta menjadi presiden musim ini, sampai akhirnya aturan baru La Liga mengenai pembatasan gaji pemain membuyarkan kesepakatan baru berdurasi lima tahun yang harusnya diteken Messi musim panas ini.

Baik Messi maupun Laporta telah menyetujui berbagai kesepakatan yang memungkinkan ia tetap membela Blaugrana, setidaknya hingga lima tahun mendatang. Bintang kelahiran Rosario itu bahkan siap memangkas gajinya hingga 50 persen, agar ia bisa tetap bersama Barca sesuai dengan keinginan dan rencana.

Namun, klub tetap tak bisa memenuhi standar aturan La Liga, kecuali mereka bisa menjual sejumlah pemain bintang bergaji tinggi, yang tentunya itupun tak bisa dilakukan dengan mudah! Proses kontrak baru Messi pun dianggap gagal di tengah jalan, karena ‘aturan liga yang membelenggu’ klub dan bukannya karena ada masalah antara klub serta pemain.

Gracies, Messi!

AHABET
AHABET
HKINDO
HKINDO